Menakar Istilah Generasi Milenial, Z dan Alfa di Mata Pelajar Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 28 April 2019

Menakar Istilah Generasi Milenial, Z dan Alfa di Mata Pelajar Banjarmasin

Ilustrasi: tirto.id
BERITABANJARMASIN.COM - Generasi Milenial atau (Gen Y) paling tua berusia 36 atau 37 tahun, sementara yang paling muda berumur 23 tahun. Mereka tentu saja masuk dalam kategori umur produktif, jumlahnya mencapai 1,8 miliar di seluruh dunia. Lalu bagaimana dengan di Kalsel? Apakah para generasi muda kita tahu istilah ini?

Saat ini tampaknya ada kesalahan definisi dalam penyebutan generasi milenial. Kebanyakan menganggap generasi ini adalah mereka yang masih muda (mahasiswa, pelajar) saja, padahal tidak begitu. Sekarang bahkan sudah eranya generasi Z dan Alfa.

Generasi Z sudah mulai dewasa, sebentar lagi akan mengambil alih kendali dunia dari para milenial, di saat yang sama,generasi baru muncul, para balita itu disebut: Generasi Alfa.

Saat ditanya mengenai generasi Z dan generasi Alfa kebanyakan dari generasi muda di Kalsel belum mengetahui secara dalam apa itu generasi Z dan generasi Alfa. Seperti diungkapkan Imay, salah satu siswi Madrasah Tsanawiyah di Kalsel.

"Generasi milenial ya mereka yang sudah terbiasa dengan teknologi, hape layar sentuh, canggih lah," katanya, saat ditanya BeritaBanjarmasin.com, Jumat (26/4/2019).

Begitu pula dengan Wahyu yang bersekolah di SMK Negeri 3 Banjarmasin ini mengatakan bahwa dirinya hanya mengetahui generasi milenial saja. Sedangkan istilah generasi Z dan Alfa memang asing di telinga

Begitupun dengan sahabatnya Nanda, yang satu sekolah dengan Wahyu, untuk generasi Z dan generasi Alfa belum pernah mendengar sebelumnya.

Dikutip dari tirto.id dalam makalah Beyond Z Meet Generation Alpha, mengungkapkan, generasi berikutnya akan dinamai sesuai abjad. Itu sebabnya mereka yang lahir setelah Generasi Z akan dipanggil Generasi A alias Generasi Alfa.

Tahun kelahirannya dimulai dari 2010. Menurut McCrindle, Generasi Alfa—yakni anak-anak dari Generasi Milenial akan menjadi generasi paling banyak di antara yang pernah ada, Sekitar 2,5 juta Generasi Alfa lahir setiap minggu. Membuat jumlahnya akan bengkak menjadi sekitar 2 miliar pada 2025. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only