Heboh Kasus Pengeroyokan Siswi SMP, Pengamat Hukum Kalsel Angkat Bicara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 10 April 2019

Heboh Kasus Pengeroyokan Siswi SMP, Pengamat Hukum Kalsel Angkat Bicara

Prof Halim Barkatullah (dok.facebook)

BERITABANJARMASIN.COM - Beberapa hari terakhir jagat dunia media sosial digemparkan oleh kasus penganiyaan dan pengeroyokan yang dilakukan 12 siswi SMA terhadap siswi SMP berinisial AU yang terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat.

Seruan agar keadilan ditegakkan terhadap kedua belas pelaku pun menggema di dunia maya, hal ini dapat terlihat dari munculnya tagar #JusticeForAudry yang merajai Trending Twitter Word Wide.

Hal ini mendapat berbagai reaksi dari masyarakat, tak terkecuali Pakar Hukum Kalsel, Prof Halim Barkatullah, yang berujar bahwa kasus ini harus ditangani secara serius baik secara hukum perlindungan anak, lembaga perlindungan anak, pemerintah dan masyarakat.

"Saya melihat ini adalah suatu dugaan perbuatan penganiayaan yang dilakukan oleh anak dan korbannya pun adalah anak. Hal ini perlu penanganan serius pihak yang berwenang," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Rabu (10/4/2019).

Menurut Dekan Fakultas Hukum ULM ini berujar kasus ini merupakan fenomena yang harus dicermati.  "Pertanyaan mengapa seorang anak dianiaya, ini adalah fenomena yang perlu dicermati dengan seksama untuk memperbaiki sistem sosial di negara kita," paparnya.

Dikatakannya, untuk penanganan kasus ini bukan hanya dengan penyelesaian hukum pidana saja, tetapi juga harus dengan pendekatan psikologis dan sosial. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner