Hanya Sedikit Parpol di Banjarmasin yang Serahkan Data Saksi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 08 April 2019

Hanya Sedikit Parpol di Banjarmasin yang Serahkan Data Saksi

Ilustrasi: freepik.com

BERITABANJARMASIN.COM - Penyerahan data saksi dari masing-masing partai politik telah ditutup. Tetapi pihak Bawaslu akan tetap melayani untuk memberikan informasi jika dibutuhkan.

Hal ini disampaikan Rahmadiansyah, Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin kepada jurnalis BeritaBanjarmasin.com usai kegiatan pelatihan saksi yang diadakan di Banjarmasin Tengah, Ahad (7/4/2019).

Dari Bawaslu sudah memberikan kesempatan berupa surat maupun imbauan langsung agar parpol menyerahkan nama saksinya sampai batas akhir 31 Maret 2019.

"Tidak bisa lagi, anggaran harus cepat dilaporkan. Kalau mereka ingin bisa diskusi tetap diberikan pelayanan. Jika parpol ingin melakukan pelatihan saksi di tempat yang disediakan kami siap memberikan pelayanan berupa arahan dan informasi," ujarnya.

Tujuan penyerahan nama saksi dengan waktu cepat ini, papar dia, untuk menyesuaikan dengan anggaran yang disusun oleh RI. "Sampai waktu batas terakhir hanya ada beberapa parpol yang menyerahkan nama saksi. Beberapa partai yang melaporkan nama saksi itu yang kita lakukan pelatihan," tuturnya.

Dirinya menjelaskan saksi yang disiapkan oleh Parpol itu mesti didaftarkan untuk pelatihan di Bawaslu sesuai aturan. "Negara yang memberikan hak dan kami memberikan imbauan walupun sifatnya tidak wajib dan senyatanya masing-masing parpol juga melatih saksinya," bebernya.

Dirinya menyayangkan kepada Parpol yang kurang memanfaatkan hal ini untuk menyerahkan data saksinya. "Sangat sayang jika kurang memanfaatkan hal itu, saksi yang dilakukan pelatihan itu supaya ada koordinasi, silaturahmi salah satunya dengan pengawas di TPS," ucapnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, parpol yang menyerahkan data saksi hanya ada enam yang terdiri dari partai PPP 1902 saksi, Hanura 10 saksi, Demokrat 1072 saksi, PKB 443 saksi, Golkar 90 saksi, dan Nasdem 1092 saksi.

Dirinya juga menambahkan pihaknya akan terus melakukan patroli dengan melakukan pengawasan sampai masa pencoblosan. "Masa tenang kita akan lakukan pengawasan dengan patroli untuk mengingatkan kepada masyarakat dan peserta pemilu agar tidak melakukan hal hal dilarang," paparnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner