Bekali Saksi TPS, Bawaslu Banjarmasin Bagi Buku Saku Saksi Pemilu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 08 April 2019

Bekali Saksi TPS, Bawaslu Banjarmasin Bagi Buku Saku Saksi Pemilu


BERITABANJARMASIN.COM - Bawaslu Kota Banjarmasin dan Panwascam gelar pelatihan saksi di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Kegiatan digelar sebagai pembekalan kesiapan dalam pemilu mendatang dan sebagai pedoman dengan membagikan buku saku saksi pemilu, Ahad (7/4/2019) sore.

Dalam sambutannya Rahmadiansyah selaku Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin divisi PHL (Pengawasan hubungan antar lembaga) mengatakan, saksi berperan sangat penting sebagai pengemban amanah dalam pemungutan dan perhitungan suara.

Dalam pelatihan tersebut setiap saksi diberikan buku saku saksi pemilu dan para saksi ini diberi pemahaman lewat pemutaran video dimana di dalamnya menjelaskan bagaimana saksi bertugas di TPS. "Dengan buku saku tersebut hendaknya saksi dapat membaca isi di dalamnya sebagai bekal ilmu," ujarnya.

Buku saku tersebut menjelaskan secara komprehensif tata cara pemungutan dan perhitungan suara, formulir yang digunakan, serta hal hal yang perlu diperhatikan. Buku tersebut juga didukung ilustrasi, tulisan serta contoh formulir.

Di sela kegiatan Sofyan Feriadi selaku Panwascam Banjarmasin Tengah menjelaskan tentang tugas saksi menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara berlangsung jujur dan adil, sesuai peraturan perundang-undangan.

Sebagai persyaratan umum saksi pemilu salah satunya menyerahkan surat mandat yang telah ditandatangani pihak terkait dan membawa kelengkapan seperti KTP dan formulir C6 (surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara) untuk dibawa saat bertugas. "Saksi juga memeriksa kelengkapan logistik pemilu dan jika ada pelanggaran pada saat pemilihan segera melaporkan ke pengawas TPS," bebernya.

Ia juga mengingatkan para saksi untuk  meminta salinan formulir yaitu model A3- KPU, Model A4-KPU, dan model A-DPK KPU; Berita acara pemungutan dan perhitungan suara; serta sertifikat hasil perhitungan suara.

Adapun saksi yang dibina pada kegiatan ini dari tiga parpol yaitu Golkar, Hanura dan Nasdem. Agenda kegiatan pelatihan ini diadakan bergilir untuk setiap perwakilan saksi parpol yang telah menyerahkan saksinya untuk dibina, diberi pelatihan oleh Bawaslu.

Kepada BeritaBanjarmasin.com Rahmadiansyah menuturkan nama nama saksi pemilu dijaga oleh Bawaslu. "Tidak akan bocor, dilindungi oleh Bawaslu karena itu internal mereka," ujarnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner