Giliran Ketua Bawaslu Banjarmasin Komentari C1 Plano Karton | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 18 April 2019

Giliran Ketua Bawaslu Banjarmasin Komentari C1 Plano Karton

Ketua Bawaslu Banjarmasin
BERITABANJARMASIN.COM - Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasar memberikan komentarnya terkait penggunaan karton sebagai pengganti C1 Plano yang digunakan di beberapa TPS di Banjarmasin.

Hal ini disampaikannya saat ditemui jurnalis BeritaBanjarmasin.com di kantor Bawaslu Jalan Dharma Praja Kecamatan Banjarmasin Timur, Kamis (18/4/2019).

Menurutnya C1 Plano tidak mungkin di scan dengan ukuran besar seperti itu sehingga digunakanlah karton sebagai penggantinya. "Plano tidak mungkin discan karena besar akhirnya digunakan karton sebagai penggantinya," ujarnya.

Penggunaan karton itu dimana di dalamnya ditulis hasil perhitungan pemungutan suara dengan catatan diakui oleh saksi dan diliat oleh petugas. "Diakui oleh saksi dan diliat oleh petugas TPS di sana," bebernya.

Ia juga menambahkan selain dinyatakan sah harus ditandatangani dan distempel sebagai bukti otentik kebenaran dari hasil tersebut. "Selain diakui sah juga harus ditandatangai dan di stempel," ucapnya.
Ia memaparkan kekurangan formulir C1 tersebut tidak mempengaruhi selama disaksikan oleh petugas di TPS terutama saksi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisioner KPU Kota Banjarmasin Rahmi menjelaskan penggunaan karton sesuai dengan surat edaran dari KPU Pusat dan merupakan kesepakatan bersama dengan KPPS di tiap TPS untuk mempermudah perhitungan surat suara.

Dirinya juga menyatakan TPS yang menggunakan karton memang diwajibkan terlebih dahulu untuk melaporkan kepada sekretariat KPU dan disepakati untuk dibolehkan menggunakan karton. Mengingat mendesaknya untuk perhitungan surat suara agar bisa dilaporkan untuk bisa ditindaklanjuti kembali oleh KPU. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner