Data Masuk 4 Persen, Golkar Kalsel dan PKS Unggul Sementara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 24 April 2019

Data Masuk 4 Persen, Golkar Kalsel dan PKS Unggul Sementara

Ilustrasi: net
BERITABANJARMASIN.COM - Perhitungan real count KPU terus berlanjut. Berdasarkan data masuk 4,6 persen sementara pukul 12.15 WITA untuk Pileg DPRD Kalsel, Partai Golkar memimpin dengan 20,48 persen, Rabu (24/4/2019).

Melansir dari laman pemilu2019.kpu.go.id perolehan suara sementara untuk DPRD Kalsel dipimpin Partai Golkar dengan suara 20,48 persen, di urutan kedua PKS dengan suara 17,6 persen kemudian diikuti Gerindra 13,37 persen dengan jumlah keseluruhan suara yang masuk di website KPU 4,6 persen suara per pukul 12.15 WITA.

Pantauan jurnalis BeritaBanjarmasin.com berdasarkan pembagian wilayah suara tersebut berasal di wilayah Balangan, Banjar, HSS (Hulu Sungai Selatan), HST (Hulu Sungai Tengah), HSU (Hulu Sungai Utara), Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, dan Tapin.

Adapun data yang belum tersedia di laman tersebut dari wilayah Barito Kuala, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin dan Tanah Laut.
Mengutip detik.com, metode konversi perolehan suara partai ke kursi di parlemen pada Pileg 2019 ini menggunakan metode Sainte Lague.

Aturan mengenai metode tersebut tertuang dalam UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017. Dalam pasal 414, disebutkan bahwa setiap partai politik peserta pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara sebesar empat persen.

Partai yang tidak memenuhi ambang batas tak akan diikutsertakan dalam penentuan kursi di DPR. Sementara itu, untuk penentuan kursi DPRD provinsi dan kabupaten/kota, seluruh partai politik akan dilibatkan. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only