Bermula dari Kemalasan, Pemuda Banjarmasin Ini Malah Buat Rumah Baca | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 20 April 2019

Bermula dari Kemalasan, Pemuda Banjarmasin Ini Malah Buat Rumah Baca

Foto: dok.warungbaca

BERBEDA dari warung pada umumnya, yang menyediakan makanan dan minuman, "Warung Baca" di Komplek Yatera, Kelurahan Pekapuran Raya, Kota Banjarmasin ini menyajikan literasi.

Jurnalis: Fitri, Banjarmasin.

Di sini kita tidak akan menemukan penjual, atau pun makanan dan minuman yang tersedia di dalamnya, melainkan banyaknya buku-buku dengan berbagai macam judul.

Selain perpustakaan, tersedia juga ruang diskusi, dan ruang kreatif, jadi Warung Baca bukan hanya soal buku, melainkan aktivitas manusia di dalamnya. Kami juga punya kegiatan mingguan dan bulanan, seperti mengeja, menyimak, craftday, nonton dan diskusi film," ucap Abdul Karim, salah satu founder Warung Baca kepada Beritabanjarmasin.com Kamis (18/4/2019) lalu.

Jika kamu punya kegemaran bermain musik atau menyanyi, di Warung Baca juga punya pemain musik yang selalu menunggu teman untuk belajar dan berkolaborsi. Jika kalian punya kesukaan terhadap puisi, di sini pun juga punya klub puisi. "Kami menganggap bahwa perpustakaan adalah medium yang bisa mempertemukan lebih banyak pikiran dan ide-ide kreatif," tuturnya.
Foto: dok.warungbaca
Bagi lelaki yang sekarang kuliah di UIN Antasari tersebut, Warung Baca merupakan media sosial yang asyik dan unik. "Awalnya kami para pemuda pemalas yang punya hobi sama malas-malasan jadi kami ingin membangun sekolah untuk diri kami sendiri," kata dia.

Untuk sekadar berkunjung, melihat dan membaca buku ataupun bincang-bincang gratis. Sebagian besar buku-bukunya milik pustakawan Warung Baca sendiri. Ada juga beberapa pemberian teman-teman yang lain.

Untuk sementara Warung Baca tidak   memungut biaya, semua yang tersedia gratis, meski begitu Abdul Karim dan teman-teman lainnya merasa senang bisa bertemu orang-orang yang memiliki hobi membaca. "Kami jadi memiliki teman-teman baru," ujar Karim.

Warung Baca sendiri belum setahun berdiri dikarenakan baru menemukan tempat yang cocok. Namun namanya ada sejak awal 2018 yang lalu. Target mereka sejak awal adalah mahasiswa.

Bagi yang suka membaca, main musik, baca puisi atau sekadar ingin melihat-lihat apa sih Warung Baca ini, bisa langsung follow instagramnya di @warungbaca dan datang ke Komplek Yatera, Kelurahan Pekapuran Raya, Kota Banjarmasin. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only