Setelah Akreditasi A, Rektor ULM Incar Hal Ini | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 20 Maret 2019

Setelah Akreditasi A, Rektor ULM Incar Hal Ini

Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi

BERITABANJARMASIN.COM - Setelah mengumumkan ULM berhasil meraih akreditasi A, Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi menargetkan universitas yang dipimpinnya menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Serta membawa enam dari 21 prodi terkakreditasi A menjadi terkareditasi internasional.

Target ini ujar Prof Tarto ditarget dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun ke depan.
Ia juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Kalimantan Universities Consortium (KUC) periode 2019-2021.

Guru besar FKIP Matematika ini tak mau banyak bersantai dan ingin segera mempersiapkan diri untuk akreditasi internasional. "Jangan lama-lama bersantai, mulai susun strategi," ujarnya.

Apalagi 1 April 2019 instrumen penilaian BAN-PT akan berubah dan semakin sulit. Jika dulu penilaian menggunakan tujuh standar, ke depan penilaian akan dilakukan sebanyak sembilan standar kriteria. Nanti April 2019, ujarnya, akreditasi hanya akan ada tiga kategori yakni unggul sangat baik dan baik.

Ia menjelaskan ada beberapa syarat kriteria yang menjadi tambahan penilaian. Salah satunya yakni berapa persen mahasiswa ULM mempunyai mahasiswa internasional? berapa banyak kita memiliki dosen asing? Berapa banyak program studi yang mendapat akreditasi internasional?
Dikatakannya tidak ada satu pun program studi ULM terakreditasi internasional untuk saat ini. 

Untuk itu, jika menggunakan penilaian yang baru posisi ULM akan berbahaya. Bisa jadi mencapai sangat baik dan tidak unggul lagi seperti sekarang.

Untuk itu, ULM mengirim  beberapa dosen yang berpotensial pergi ke Bangkok untuk mempelajari sembilan kriteria tersebut. Prof Sutarto Hadi berujar tahun 2019 ULM akan memfokuskan diri melalukan persiapan mendapatkam akreditasi internasional.  "Nah itu PR besar kita bersama, dan mendapatkannya tidak mudah. Jika ULM ingin tetap unggul maka itu yang akan kita persiapkan," ucapnya.

Dirinya juga berharap 21 prodi yang  terakreditasi A akan bisa berkembang menjadi program studi terakreditasi internasional.

Prof Hadi berujar langkah berikutnya adalah mempersiapkan tata kelola bidang keuangan dan mempersiapkan dokumen kemudian akan dikirim ke Kementrian Keuangan untuk bisa segera diproses ULM agar naik level menjadi Badan Layanan Umum (BLU). "Insya Allah di tahun 2019 ini target selanjutnya  ULM menjadi BLU," tandasnya. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner