Liwar Banar, Wadai Sasunduk Lawang Terpanjang di Dunia Ditampilkan Pagi Tadi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 24 Maret 2019

Liwar Banar, Wadai Sasunduk Lawang Terpanjang di Dunia Ditampilkan Pagi Tadi

foto: humpro-bjm

BERITABANJARMASIN.COM – Luar biasa, inilah wadai (kue) Sasunduk Lawang terpanjang di dunia. Bukan main, panjangnya hingga 120 meter. Padahal ukuran normal hanya sekitar 15 sentimeter saja. Wadai ini ditampilkan di Banjarmasin, Ahad (24/3/2019).

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sampai keheranan melihat wadai Sasunduk Lawang yang ukurannya sangat anomali tersebut. "Baru liat ada wadai Sasunduk Lawang nang panjang kaya ini," ujarnya, saat menghadiri Go Clean, Fun Walk dan Fantastic Food, di halaman Hotel Pyramid Suite Banjarmasin.
Wadai Sasunduk Lawang (foto: Humpro)

Menurut Ibnu, kue tersebut mencatat sejarah dan perlu didokumentasikan. Sebagai salah satu fantastic food, apalagi wadai Sasunduk Lawang adalah kudapan khas Banjar yang sarat dengan kearifan lokal.

Wadai Sasunduk Lawang sendiri diambil dari nama Sasunduk Lawang yang artinya pengganjal pintu. Kenapa? karena bentuknya mirip pengganjal pintu rumah orang Banjar tempo dulu. Mirip seperti tongkat kecil.

Selain mencoba mencicipi wadai Sasunduk Lawang terpanjang di dunia itu, ia pun mengingatkan program Pemkot Banjarmasin untuk mengurangi sampah plastik.

“Banjarmasin adalah kota pertama di Indonesia yang melarang kantong plastik. Juga pertama di Asia Pasific, dan kini menyusul Kota Shah Alam di Malaysia,” katanya. (sip/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only