Jembatan Stayed Cable Alalak, Mulai Dibangun, Ikon Baru Kalsel, Banjarmasin dan Batola | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 10 Januari 2019

Jembatan Stayed Cable Alalak, Mulai Dibangun, Ikon Baru Kalsel, Banjarmasin dan Batola

BERITABANJARMASIN.COM - Pembangunan Jembatan Alalak di kawasan perbatasan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Batola mulai dilakukan 25 Februari 2019. Mengusung desain stayed cable yang futuristik, infrastruktur untuk rakyat ini bakal menjadi ikon baru Kalsel, Banjarmasin dan Batola.

ilustrasi: istimewa


Bentuknya yang unik dengan dua tiang besar penyangga, serta untaian kabel baja memang belum pernah dibangun sebelumnya, khususnya di Kalsel. Jembatan yang juga disebut Alalak Bridge itu dibangun secara multiyears dengan anggaran Rp 274,561 miliar. 


"Mari sama-sama kita sukseskan pembangunan Jembatan Alalak, sebagai ikon baru Kalsel, Banjarmasin dan Batola," kata Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Kamis (10/1/2019).


Lalu apa sih jembatan stayed cable itu? Mengutip dari Nusantara Baja Prima, Cable Stayed adalah jembatan yang menggunakan kabel-kabel berkekuatan tinggi sebagai penggantung yang menghubungkan gelagar dengan menara. Pada umumnya jembatan cable stayed menggunakan gelagar baja, rangka, beton atau beton pratekan sebagai gelagar utama. Pemilihan bahan gelagar tergantung pada ketersediaan bahan, metode pelaksanaan dan harga konstruksi.


Jembatan cable stayed (Kabel Tetap) sudah dikenal sejak lebih dari 200 tahun yang lalu (Walther, 1988) yang pada awal era tersebut umumnya dibangun dengan menggunakan kabel vertical dan miring seperti Dryburgh Abbey Footbridge di Skotlandia yang dibangun pada tahun 1817. Jembatan seperti ini masih merupakan kombinasi dari jembatan cable stayed modern. Sejak saat itu jembatan cable stayed mengalami banyak perkembangan dan mempunyai bentuk yang bervariasi dari segi material yang digunakan maupun segi estetika (Fadly Soetrisno, 2010).


Beberapa negara juga sudah banyak mengusung pembangunan jembatan stayed cable yang indah. Seperti di Brasil, yang terkenal dengan Oliveira Brigdge. (sip/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only