Dangari Jar Sidin, Jangan Bacakut Papadaan, Jaga Silaturahmi! | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 11 Januari 2019

Dangari Jar Sidin, Jangan Bacakut Papadaan, Jaga Silaturahmi!

BERITABANJARMASIN.COM - Dewasa ini, masyarakat kian acuh tak acuh dalam kehidupannya. Tapi, tahukah Anda keutamaan dalam menjaga silaturahmi sesama manusia?

Dai muda Banua, Ustadz Muhammad Taslimurrahman Lc mengungkapkan bahwa betapa pentingnya menjaga silaturahmi dengan sesama.


"Hendaklah kita menyambung tali silaturrahim kepada orang terdekat seperti keluarga," ungkapnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Jumat (11/1/2019).


Selain itu, kita diutamakan untuk selalu berbuat baik kepada jiran tetangga. Hal ini juga terkandung di  dalam Al Quran terkait banyak perintah tentang berbuat baik kepada kerabat salah satunya dalam di surah An Nisa ayat 36.


وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا

وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا


Artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.


Selain surah An-Nisa ayat 36 riwayat yang menyatakan keharusan menjaga silaturahmi juga ada dalam hadis Nabi yang diriwayatkan Imam Tarmidzi yang mengatakan bersedekah kepada keluarga memiliki dua keuntungan yaitu bersedeqah dan menyambung tali silaturrahim.


Silaturahmim sendiri diartikan tradisi saling menghubungkan tali kekerabatan, atau menghubungkan kasih sayang dengan cara saling berkunjung terutama terhadap saudara atau anggota keluarga sendiri bahkan terhadap tetangga atau saudara seiman. (puji/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only