Cobain Layar Pintar di Lobi Balai Kota Pemkot Banjarmasin, Canggih Bro! | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 09 Januari 2019

Cobain Layar Pintar di Lobi Balai Kota Pemkot Banjarmasin, Canggih Bro!

BERITABANJARMASIN.COM - Ada yang berbeda di lobi Balai Kota Pemkot Banjarmasin hari ini (9/1/2019). Sebuah layar pintar (smart display) terlihat terpampang. Layar pintar dengan tinggi sekitar dua meter ini bisa dioperasikan untuk memantau kondisi kota.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mencoba langsung layar pintar ini. Ia tampak tersenyum saat melihat sendiri alat ini berfungsi dengan baik. Mafhum saja, Kota Banjarmasin berancang-ancang menjadi kota pintar alias smart city.


Sambil menyentuh layar di hadapannya dan mengutak-atik beberapa fitur, ia menjelaskan bahwa layar pintar ini ada hubungannya dengan program smart city. Apalagi Februari 2017 lalu telah dibangun Banjarmasin Command Center (BCC).


"Melalui CCTV kita bisa memantau 52 kelurahan dan lima puskesmas di Banjarmasin, serta sudah terpasang 32 CCTV di area balai kota," katanya kepada BeritaBanjarmasin.com.


Meski tidak semua bisa terpantau di smart display itu, lanjutnya, namun ada beberapa titik tertentu yang bisa kita pantau dari layar ini," jelasnya sambil memperlihatkan layar pintar yang tampak masih mulus.


Kabid Teknik Informatika Komunikasi (TIK) Husin Luthfie, dalam kesempatan itu turut menjelaskan, Kota Bajarmasin bisa menjadi smart city.


Untuk layar pintar sendiri, paparnya, berfungsi memudahkan masyarakat untuk meangakses langsung apapun yang ingin diketahui, seperti aplikasi lapor, profil Kota Banjarmasin. "Bahkan profil Wali Kota Banjarmasin pun tersedia," ucapnya.


Menurut pantauan BeritaBanjarmasin.com, data-data pantauan dari Banjarmasin Command Center sudah bisa diakses sementara melalui telepon pintar wali kota, wakil wali kota dan kepala SKPD. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only