Waspada Sanak! Ini Peringatan BMKG, Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Kalimantan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 27 Desember 2018

Waspada Sanak! Ini Peringatan BMKG, Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Kalimantan

BERITABANJARMASIN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Klas II mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku 26-29 Desember 2018.



Menurut informasi yang dihimpun BeritaBanjarmasin.com, dalam surat edaran yang menyebar di masyarakat melalui jaringan internet ini, disampaikan bahwa gelombang dengan ketinggian 1,25 - 2,5 meter berpeluang bakal terjadi di Laut Jawa dan Perairan Selatan Kalimantan. BMKG mengimbau masyarakat memperhatikan risiko terhadap keselamatan pelayaran.


Yakni perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang mencapai 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter), Kapal Ferry (kecepatan 21 knot dan tinggi gelombang 2,5 meter), kapal besar (kecapatan 27 knot dan tinggi gelombang 4 meter).


Untuk itu masyarakat diminta berhati-hati dan mengurangi aktivitas di bibir pantai. Mengingat ini adalah momen liburan akhir tahun yang dimanfaatkan sebagian orang berlibur. Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan.


Kamis (27/12/2018), Biyah, warga sekitar Pantai Batakan, Kabupaten Tanah Laut mengungkapkan, merasa takut dengan fenomena sekarang, karena keluarganya ada di Batakan di dekat pantai. Ditambah dengan adanya edaran tersebut. "Was-was juga sih. Semoga Allah selalu melindungi keluarga saya," terangnya kepada BeritaBanjarmasin.com. (puji/sip)


favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only