Selamat! Banjarmasin Juara Pilar Manajemen Keselamatan Jalan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 14 Desember 2018

Selamat! Banjarmasin Juara Pilar Manajemen Keselamatan Jalan

BERITABANJARMASIN.COM - Di penghujung 2018 ini, Pemkot Banjarmasin kembali mendapat penghargaan, yakni penghargaan Sistem Tata Kelola Keselamatan Jalan yang Baik, juara pertama pada Pilar Manajemen Keselamatan Jalan (PMKJ).


foto: humpro


Penghargaan itu diterima Plt Asisten Bidang Perekonomian Setda Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, di Hotel JW Marriot, Jakarta. “Pemkot Banjarmasin mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung terciptanya manajemen keselamatan jalan,” katanya usai menerima penghargaan tersebut, Kamis (13/12/2018).


Dijelaskannya, penilaian penghargaan tersebut dilakukan secara tertutup di 137 kabupaten/kota dan terpilih sebanyak 23 kota/kabupaten sebagai finalisnya. “Tahapan selanjutnya finalis kembali dinilai melalui expose program keselamatan jalan di depan dewan juri di Kota Surabaya beberapa bulan lalu," urainya.


Berdasarkan hasil penjurian itu, Kota Banjarmasin ditetapkan sebagai Pemenang Pilar Manahemen Keselamatan Jalan. Sekadar mengingatkan, awal tahun 2017 lalu Pemkot Banjarmasin menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016 kategori Tertib Lalu Lintas yang diterima oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina.


Sejak tahun 1992, pemerintah pusat telah menghadiahkan penghargaan WTN kepada kota dan kabupaten yang dinilai mampu menata lalulintas dan sistem transportasi yang aman, nyaman dan efisien.


Dari informasi terhimpun, untuk penghargaan IRSA tahun 2018 ini setidaknya ada 137 kota dan kabupaten yang ikut dalam penilaian. Namun setelah dilakukan seleksi terpilih 23 kota dan kabupaten yang masuk finalis salah satunya Kota Banjarmasin.


Penghargaan tersebut bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, pihak lembaga swadaya masyarakat, swasta, media, dan berbagai pihak lainnya, untuk menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik di kota dan kabupatennya masing-masing.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Perencanan Pembangunan Nasional/KepalaBAPPENAS, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. Menteri Perhubungan Ir Budi Karya Sumadi, Kepala Korps Lalu Lintas Republik Indonesia Irjen Pol Refdi Andri 
Penyelenggaraan, IRSA merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas 5 Pilar keselamatan jalan di Indonesia, yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan, diantaranya Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu Lintas RI dan Kementerian Kesehatan. (humpro/arum/sip) 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner