Replika Meriam Zaman Belanda Kini Hadir di Siring Bekantan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 28 Desember 2018

Replika Meriam Zaman Belanda Kini Hadir di Siring Bekantan

BERITABANJARMASIN.COM - Akhirnya replika Tugu Meriam Tatas diresmikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin di Taman Nacita, Siring Bekantan.


DIRESMIKAN - Tugu Meriam Tatas Banjarmasin.


Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, pembuatan tugu replika meriam Tatas tersebut sebagai bentuk penegasan bahwa Banjarmasin banyak mengandung nilai sejarah.


"Maka dibuatlah Tugu Meriam Tatas dan diresmikan untuk menjadi spot baru bagi pengunjung. Serta menjadi salah satu unsur yang bernilai sejarah di Banjarmasin," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Kamis (27/12/2018).


Kepala Seksi Pembinaan Kepurbakalaan dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Andi, mengatakan replika meriam tatas didesain tim ahli berkompeten di bidang kepurbakalaan. Dibuat sama persis dengan aslinya agar nilai sejarah tetap ada.


Andi menambahkan, selain fisik dari tugu replika tersebut, terdapat juga prasasti yang mengandung naskah seputar data spesifikasi meriam Tatas yang sumbernya diperoleh dari berbagai ahli sejarah di Banjarmasin.


"Sejak November sudah kita koordinasikan dengan berbagai pihak, dari pihak ahli sejarah yang menuliskan naskah prasasti untuk dimuat di depan Tugu Meriam Tatas ini," kata Andi.


Peresmian Tugu Meriam Tatas turut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Hermansyah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ihsan Al Haq, serta tokoh ahli sejarah, Mansyur. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only