Bisa Dipesan Online, Begini "Bocoran" Spesifikasi Transportasi Massal Banjarmasin Terbaru | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Sabtu, 01 Desember 2018

Bisa Dipesan Online, Begini "Bocoran" Spesifikasi Transportasi Massal Banjarmasin Terbaru

BANJARMASIN, BBCOM - Perbincangan mengenai alat transportasi massal cukup menarik dibahas di Kota Banjarmasin. Tahun 2019, Pemkot Banjarmasin melalui Dishub berencana meluncurkan alat transportasi massal baru yang lebih kekinian, nyaman dan berbasis online. Uniknya, sistem transportasi baru ini sedang diupayakan terintegrasi dengan sistem online yang bisa dikulik melalui smartphone.  



Bocoran mengenai spesifikasi alat transportasi publik terbaru ini terungkap saat gelaran diskusi BBCOM (BeritaBanjarmasin.com) Talk, di private room Warunk Upnormal baru-baru ini bersama Kadishub Kota Banjarmasin, Ichwan Noor Khalik dan antropolog Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Nasrullah.

  

Ichwan membeberkan, saat sedang dilakukan kajian untuk menuju ke sana. Nantinya akan dibuat 13 koridor untuk armada transportasi publik ini. Untuk pertama akan dibangun dua koridor, sisanya akan dikerjasamakan dengan pihak swasta selaku investor.


Jenis armada sendiri bakal menggunakan minibus Elf dengan kapasitas 20 penumpang dilengkapi dengan fasilitas AC dan fasilitas pelengkap lainnya. "Kita sedang siapkan sistem ini dan rencananya tahun depan kita luncurkan," sebut Ichwan dalam diskusi tersebut.

  

Kenapa memilih bus jenis Elf? ternyata menurut kajian Dishub, kondisi jalan di Banjarmasin akan kesulitan jika banyak bus berbadan besar. Apalagi jika bus berbadan besar sering singgah menjemput dan menurunkan penumpang. Sehingga dipilihlah minibus jenis Elf yang lebih ramping sebagai win-win solution.

  

Namun bukanlah kekinian namanya, kalau sistem yang baru ini tidak terintegrasi dengan sistem online. Mengingat aplikasi angkutan online sudah lebih dulu menggempur Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Jika tak mengikuti perkembangan teknologi, dikhawatirkan alat transportasi massal yang bakal diluncurkan bakal sepi penumpang.

  

"Kita sudah memikirkan ini melalui kajian. Bakal kita siapkan sistem onlinenya. Sehingga calon penumpang bahkan bisa pesan tiket dan memantau posisi kendaraannya cuma lewat smartphone," urai mantan Kasatpol PP Banjarmasin itu.

  

Ini lanjutnya, sudah termasuk jadwal keberangkatan, hingga rute perjalanan bakal bisa terpantau melalui smartphone. Sebagai informasi, ini bertujuan membantu memperbaiki sistem transportasi massal di Banjarmasin yang kian ditinggalkan.

  

Mengutip dari ManoMarion, Elf didukung mesin berjenis 4JB1-TC dengan kapasitas 2.700 cc. Melihat mesinnya, tidak heran jika kendaraan ini dikenal tangguh dan andal.

  

Elf cocok dijalankan di berbagai kondisi jalan mulai dari yang bergelombang, berlubang, berbatu, hingga berkelok-kelok. Dilengkapi dengan suspensi mumpuni, Elf tetap nyaman dan “empuk” meskipun medan yang dilewati tidak mulus. Kelebihan ini membuat Elf menjadi salah satu kendaraan jarak jauh yang tepat sebagai alternatif pengganti bus. (sip/sip). 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini