Wali Kota Banjarmasin: Kami Bangga Ir PHM Noor Menjadi Pahlawan Nasional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Jumat, 09 November 2018

Wali Kota Banjarmasin: Kami Bangga Ir PHM Noor Menjadi Pahlawan Nasional

BANJARMASIN, BBCOM - Peringatan Hari Pahlawan tahun ini akan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi seluruh masyarakat Kalsel, termasuk Kota Banjarmasin.


Putra terbaik Bumi Antasari yakni Ir Pangeran Haji Muhammad Noor secara resmi ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI, sejak 8 November 2018.



Untuk itu, atas nama seluruh jajaran Pemkot Banjarmasin, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan rasa bangganya atas penghargaan yang telah diberikan tersebut. “Saya mengucapkan turut bangga atas ditetapkannya Ir Pangeran Haji Muhammad Noor sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI,” ucapnya, di sela-sela menyampaikan amanat dalam upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan 2018, di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Jumat (9/11/2018).


Upacara tersebut, selain diikut seluruh ASN Pemkot Banjarmasin, juga diikuti jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, dan para veteran pejuang kemerdekaan. Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kota Banjarmasin Hj Ananda juga membacakan pesan-pesan dari para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 9 November di Banjarmasin.


Usai melaksanakan upacara bendera, Wali Kota Banjarmasin bersama Forkopimda melanjutkan kegiatannya berziarah di tugu perjuangan masyarakat Kota Banjarmasin di kawasan Kelurahan Pangambangan, Banjarmasin Timur, dan menyerahkan bantuan kepada para ahli warisnya.


Kemudian wali kota beserta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin dan para kepala SKPD meletakkan karangan bunga di tugu monumen pertempuran masyarakat Kota Banjarmasin di halaman KPPN Banjarmasin.


Sembilan orang pahlawan Kota Banjarmasin yang gugur dalam pertempuran tanggal 9 November 1945 itu antara lain, Badran, Badrun, Utuh, Umar, Tarin, Juma’in, Sepa, Dullah, dan Pa’ma’rupi. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only