TAUSIYAH: Ini yang Anda Dapat Kalau Tolong Orang Lain | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Jumat, 30 November 2018

TAUSIYAH: Ini yang Anda Dapat Kalau Tolong Orang Lain

BANJARMASIN, BBCOM - Manusia sebagai mahkluk sosial tentu tidak dapat hidup sendirian. Sudah pasti manusia memerlukan manusia lain untuk berinteraksi dan bekerja sama dalam kehidupan sehari-hari. Lalu bagaimana pandangan Islam tentang bekerja sama dan tolong-menolong?



Dai muda Banjarmasin Ustadz Muhammad Taslimurrahman, Lc menerangkan bahwa tolong -menolong itu memang dianjurkan. Dan hal ini tertera dalam sebuah hadist qudsi. Nabi Muhhamad saw bersabda bahwasanya Allah akan menolong makhluk atau hambanya selama hamba tersebut menolong saudaranya. "Ini artinya seseorang yang menolong orang lain. Maka Allah akan menolongnya," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Jumat (30/11/2018).


Kepala MTs Arrahmatul Abadiyah Banjarmasin ini juga menuturkan walaupun pertolongan yang Allah berikan itu tidak selalu datang dari orang yang pernah kita tolong. "Misalnya kita menolong si A pertolongan yang kita dapat bisa saja dari si B dan C," ujarnya.


Itulah pertolongan Allah Swt. Dalam sebuah ayat seperti di bawah ini:

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2]. (puji/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini