Tahulah Pian? Pulau Kembang Dulu Disebut Apeneiland | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Sabtu, 24 November 2018

Tahulah Pian? Pulau Kembang Dulu Disebut Apeneiland

PULAU KEMBANG sejak tahun 1920 sudah menjadi tujuan wisata. Di era kolonolial penjajah Belanda pun pulau ini sudah mulai dikunjungi oleh para menir negeri kincir angin. Namun tahukah anda, orang Belanda tempo dulu menyebut Pulau Kembang dengan Apeneiland.



Pulau Kembang sendiri terletak di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala yang berbatasan dengan Kota Banjarmasin. Anda bisa mengunjungi pulau ini dengan menggunakan klotok (perahu motor) dari Banjarmasin.


Mendengar kata "ape" sebagian anak muda milenial mungkin akan teringat dengan salah satu brand fashion ternama di dunia. Atau bagi anda pecinta film barat, mungkin teringat dengan film Planet of the Apes?


Nah bagi penggemar sastra juga barangkali bakal ingat dengan novel Prancis karya Pierre Boulle berjudul La Planete des Singes. Semuanya merujuk pada artian kera.


Sebutan Apeneiland ternyata memiliki arti pulaunya para kera. Dalam buku Bandjarmasin Tempo Doeloe karya Mansyur, sejarah ini tercatat dengan baik. Jadi barangkali, keren juga ya, kalau Pulau Kembang punya nama alias Apeneiland. Bagaimana menurut pembaca sekalian? (sip/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini