Senkom Mitra Polri dan Basarnas Banjarmasin Gelar Pelatihan MFR dan Water Rescue | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Selasa, 20 November 2018

Senkom Mitra Polri dan Basarnas Banjarmasin Gelar Pelatihan MFR dan Water Rescue

BANJARMASIN, BBCOM - M0elatih keterampilan relawan dan anggota SAR dalam memberikan pertolongan korban banjir serta korban tenggelam di air (laut, sungai, waduk dan kolam) Senkom Mitra Polri Polda Kalsel bersama Basarnas Banjarmasin menggelar Diklat Rescue Senkom Medical First Responder (MPR) dan Water Rescue, Senin (19/11/2018).



Pelatihan yang dibuka Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan AKBP Mochamad Rifa’i, itu  berlangsung di kantor Basarnas Banjarmasin. Hadir dalam acara tersebut, peserta pelatihan dan tamu undangan mulai dari unsur TNI, Polri, BPBD, PMI, instansi pemerintah dan komunitas SAR dari seluruh Kalsel.


Dalam kesempatan itu AKBP Mochamad Rifa’i, mengatakan, Pelatihan Potensi SAR ini adalah Program Kerja Senkom Mitra Polri dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin untuk memberikan pengetahuan kepada Potensi SAR di wilayah kerja Kalsel.


“Latihan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan kepada potensi SAR saat melaksanakan tugas maupun saat melakukan Operasi SAR di air. Seperti orang terseret ombak di pantai dan orang tenggelam di sungai dan sebagainya, agar potensi SAR mengetahui SOP dan safety saat melaksanakan operasi SAR di air,” ujar AKBP Mochamad Rifai dalam keterangan tertulisnya yang diterima BeritaBanjarmasin.com.


Pelatihan tersebut digelar sejak Senin hingga Selasa 20 November 2018 . Peserta berjumlah 130 orang dari berbagai unsur seperti TNI, Polri dan Komunitas Relawan SAR di seluruh Kalsel. "Pada kesempatan ini, saya mengingatkan kepada seluruh peserta Diklat serta Badan dan Instansi terkait dalam upaya penanggulangan bencana agar tidak Underestimate dengan kondisi di Provinsi Kalsel yang tergolong aman,” tuturnya.


Sementara itu,Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono menjelaskan bahwa diklat tersebut bertujuan mendidik para peserta agar siap merespon bencana, khususnya, terkait penyelamatan di area perairan. “Dengan pelatihan dan pengetahuan yang kami berikan diharapkan mereka lebih siap membantu pemerintah dan kami,” jelas Mantan Kepala Basarnas Balikpapan ini.


Selama pelatihan, peserta didampingi didampingi instruktur dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banjarmasin. Selain mendapat materi pertolongan di air, peserta juga akan mendapat materi Medical First Responder atau medis dasar. (edoz/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini