Samahuddin Muharram: Jangan Ada Lagi Money Politic | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Rabu, 21 November 2018

Samahuddin Muharram: Jangan Ada Lagi Money Politic

BANJARMASIN, BBCCOM - Pemilu akan tercoreng dengan money politic. Mantan Ketua KPU Kalsel Samahuddin Muharram menuturkan harus ada sinergi dari semua pihak meminimalisir kecurangan ini. Karena ini persoalan klasik yang susah dituntaskan.



"Semua harus berperan aktif terutama dalam hal ini Bawaslu yang melakukan pengawasan kerja sama dengan LSM, pemangku kebijakan dan masyarakat juga mempunyai peran besar melaporkan," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Rabu (21/11/2018).


Menurutnya, dengan adanya laporan-laporan itu kemudian Bawaslu bisa bergerak cepat. "Sampai hari ini money politic tidak pernah selesai menjadi perdebatan dalam penyelenggaraan pemilu," paparnya.


Ketika ditanya terkait kinerja Bawaslu sejauh ini dalam mengawasi penyelenggaraan jelang pemilu 2019, Staff Ahli Gubernur Kalsel ini menuturkan memang masih banyak pelanggaran yang dijumpai. Namun, diharapkan Bawaslu terus melakukan pengawasan.


"Memang masih banyak dijumpai pelanggaran seperti alat peraga kampanye, terkait persoalan Dapil yang belum selesai, dan DPT dimana semuanya menjadi bagian dari proses pengawasan oleh Bawaslu itu. Bawaslu diharapkan harus terus melakukan pengawasan," tuturnya.


Kewenangan Bawaslu sangat luas dalam penyelenggeraan pemilu sehingga Bawaslu diharapkan dapat menggunakan kewenangannya dimanfaatkan dengan  sebaik mungkin dalam rangka membangun integritas pemilu. (puji/sip)  

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini