Kreatif, KPU Kalsel Buat Wisata Edukasi Pemilu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Minggu, 21 Oktober 2018

Kreatif, KPU Kalsel Buat Wisata Edukasi Pemilu

Rumah Pintar Pemilu dari KPU Kalsel di Menara Pandang siring Pierre Tendean/beritabanjarmasin.com

BANJARMASIN, BBCOM - Targetkan 77,5 persen partisipasi pemilih, KPU Kalsel menggelar wisata edukasi pemilu di Menara Pandang, Siring Tendean Banjarmasin, Minggu (21/10/2018) pagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Edy Eriansyah berujar pihaknya sengaja memilih tempat di Siring Menara Pandang dikarenakan tempat ini merupakan pusat keramaian masyarakat. "Selain itu juga memanfaatkan hari libur," ujarnya kepada awak media yang ditemui di sela-sela kegiatan.

Benar saja, masyarakat yang berkunjung di Siring Menara Pandang bersama keluarga selain bisa menikmati jalan dan jajan pagi di kawasan tepian Sungai Martapura, tetapi juga melihat dan mengetahui proses pemilu.

Edy mengungkapkan di wisata edukasi pemilu ini masyarakat dapat mengetahui daftar calon peserta pemilu yang akan bersaing di Pemilu 2019. Baik pemilihan presiden dan wakil presiden, calon DPD, serta DPRD kota maupun  provinsi.

Pihaknya juga mengaku akan menyasar titik keramaian selanjutnya untuk diadakan kegiatan serupa. Tempat sasaran selanjutnya adalah daerah yang aksesnya sulit terutama daerah pertambangan. Serta edukasi kepada penyandang disabilitas.

Senada dengan itu, Sekretaris KPU Kalsel Basuki mengatakan sasaran dari wisata edukasi pemilu adalah menyasar para pemilih yang terdaftar agar menyalurkan hak suaranya nanti. “Dengan sistem jemput bola ke daerah tempat keramaian, utamanya di kawasan wisata dan pasar,” ucap Basuki.

Ia menilai pola semacam ini lebih efektif, mengingat KPU Kalsel tak perlu mengundang orang banyak berkumpul dalam satu ruangan guna memberikan informasi mengenai kepemiluan. (puji/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only