H Ibnu Sina: Manfaatkan Aplikasi e-Lapor Jika Temukan Pelayanan Tak Maksimal | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 10 Oktober 2018

H Ibnu Sina: Manfaatkan Aplikasi e-Lapor Jika Temukan Pelayanan Tak Maksimal

Kegiatan silaturahim anggota Pensosmas dengan Wali Kota Banjarmasin/beritabanjarmasin

BANJARMASIN, BBCOM - Keberadaan Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas) di Banjarmasin diharapkan dapat menjembatani aspirasi masyarakat mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan.

Aspirasi ini bakal disalurkan melalui panel-panel aplikasi yang telah disediakan Pemkot Banjarmasin untuk ditindaklanjuti. “Seandainya ada pelayanan di kecamatan atau kelurahan yang masyarakat tidak puas, silakan sampaikan ke saluran yang tersedia. Kita sudah punya aplikasi E-Lapor dan aplikasi lain untuk menampung dan menindaklanjutinya,” ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat hadir dalam kegiatan silaturahim anggota Pensosmas, di Ruang Rapat Berintegrasi, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (9/10/2018).

Aplikasi di media sosial, lanjutnya, adalah ruang publik yang bisa dilihat semua orang.
Karena itu, ia berharap, seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan media tersebut dengan bijak dan tidak mengirimkan berita bersifat bohong serta fitnah.

Keberadaan Pensosmas, kata mantan anggota DPRD Kalsel ini lagi, merupakan sebuah langkah kebersamaan yang telah dibangun pemerintah kota dan masyarakat. “Seberapa hebat pun pemerintah kota, kalau hanya pemerintah kota saja yang melakukan itu tidak akan berhasil. Tapi seminim apa pun fasilitas yang kita miliki, sekecil apapun anggaran yang kita miliki, apabila masyarakat, dan komunitas mendukung, saya yakin dan percaya tidak ada program pembangunan yang tidak akan berhasil kita laksanakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menjelaskan tentang langkah apresiatif yang telah dilakukan Pemkot Banjarmasin dalam menyalurkan aspirasi masyarakat, salah satunya dengan mengakomodir penyediaan lima unit jukung untuk lima kecamatan.

Jukung tersebut, terangnya, akan dipergunakan warga untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sungai. Bicara tentang kebersihan, suami Hj Siti Wasilah ini pun membeberkan fakta bahwa di Kota Banjarmasin setiap hari sekira 600 ton sampah yang masuk ke TPA.

Foto bersama anggota Pensosmas bersama Wali Kota Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
Karena itu, salah satu cara untuk mengurangi tumpukan sampah itu, adalah dengan mengajak langsung seluruh warga melakukan bersih-bersih setiap akhir pekan. Tak hanya itu, usaha mengurangi tumpukan sampah plastik pun juga dilakukan Pemkot Banjarmasin dengan mengeluarkan Perwali tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik Bagi Ritel dan Toko Modern.

“Dalam dua tahun terakhir ini kita berhasil mengurangi timbunan sampah plastik kurang lebih 50 juta lembar kantong plastik. Dengan adanya aturan tersebut kita  berhasil mengurangi jumlah sampah plastik sekitar 15 persen dari 30 persen sampah plastik yang masuk ke TPA," tegas dia.

Sementara itu, Ketua Pensosmas Kota Banjarmasin, Ali, dalam sambutannya menjelaskan tentang tugas dan fungsi anggota Pensosmas diantaranya, mengomunikasikan, menginformasikan, dan mengedukasi masyarakat Kota Banjarmasin dalam berbagai permasalahan.

Ia juga menyatakan kesiapannya melaksanakan tugas sebagai Pensosmas untuk mendukung seluruh kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemkot Banjarmasin. (arum/sip)



Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner