Restorasi Wisata Sungai di Banjarmasin Disampaikan di Singkawang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 28 September 2018

Restorasi Wisata Sungai di Banjarmasin Disampaikan di Singkawang

(kiri) Wali Kota Singkawang memberikan kenang-kenangan kepada Wakil Wali Kota Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
SINGKAWANG, BBCOM - Sembilan wali kota se-Kalimantan berkumpul di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dalam rangka Rapat Kerja IV Komwil V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan 2018, Rabu (26/9/2018).

Selain rombongan Pemerintah Kota Banjarmasin yang dipimpin Wakil Wali Kota H Hermansyah, tampak pula berhadir Wali Kota Balikpapan yang juga Wakil Ketua Apeksi Pusat Bidang Ekonomi dan Keuangan, Rizal Effendi.

Wali Kota Bontang yang juga sebagai Wakil Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan Neni Moerniaeni, Wali Kota Tarakan, Wali Kota Banjarbaru, Wali Kota Balikpapan, Wali Kota Pontianak, Wakil Wali Kota Palangkaraya, Asisten I Pemkot Samarinda, serta Wali Kota Singkawang beserta jajaran selaku tuan rumah.

Adapun rapat kerja yang berlangsung di Dayang Resort Singkawang, Jalan Raya Sedau mengangkat tema "Penguatan Sektor Pariwisata Melalui Kerjasama Daerah". Wali Kota Balikpapan yang juga Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan Rizal Effendi, di sela-sela pembukaan rapat kerja mengungkapkan, tema rapat kerja kali ini berkaitan erat dengan kondisi ekonomi Indonesia sekarang, dimana pemerintah melakukan berbagai upaya, salah satunya menguatkan nilai rupiah dengan menggenjot pariwisata lokal.

Rizal menambahkan, Kalimantan adalah pulau yang memiliki banyak kekayaan alamyang berpotensi meningkatkan kepariwisataan, namun masih belum dikelola dan digali dengan baik.

Senada dengan Rizal, Wakil Walikota Banjarmasi  H Hermasnyah mengakui kepariwisataan memiliki potensi yang tak kalah besar dalam penerimaan Penerimaan Asli Daerah. Terbukti di Banjarmasin yang tidak memiliki sumber daya alam seperti batu bara atau gas, mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu pendapatan daerah.

Banjarmasin yang berjuluk Kota Seribu Sungai telah lama menjadi magnet wisatawan baik lokal maupun mamcanegara. Oleh karena itu Pemerintah Kota Banjarmasin konsisten dalam pengembangannya. "Restorasi bantaran sungai hingga konsep Wisata Susur Sungai yang tak kalah menarik seperti di negara luar sana," ungkapnya.

Melalui Rakernas kali ini H Hermansyah berharap akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi strategis yang selanjutnya akan dibawa pada Rapat Kerja Nasional Apeksi di Kota Palu Tahun 2019 mendatang. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner