Publikasi Jurnal Internasional Indonesia Meroket di 2018 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Rabu, 26 September 2018

Publikasi Jurnal Internasional Indonesia Meroket di 2018

(kanan) Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Posisi publikasi jurnal international Indonesia melejit dari tahun-tahun sebelumnya. Jurnal publikasi tahun ini mencapai 18.000 lebih. Ini diungkapkan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Sutarto Hadi, Selasa (25/9/2018).

Posisi publikasi untuk jurnal internasional Indonesia menduduki posisi yang hanya selisih sedikit dengan negara tetangga yaitu Malaysia. "Jurnal publikasi kita meningkat tahun ini mencapai 18.000, kita hanya kalah sedikit dengan Malaysia," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Menurutnya, Indonesia dapat mengalahkan negara lain di Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, dan Singapura. Rektor ULM dua periode itu mengungkapkan bahwa harus terus mendorong dosen untuk melakukan penelitian dan menulis artikel jurnal international. "Jika kita terus mendorong maka kita akan menjadi yang terbaik di mata Asia dalam hal publikasi  internasional," tegas dia.

Di era digital dan kemajuan teknologi seperti sekarang Guru Besar FKIP ULM Pendidikan Matematika itu juga mengharapkan adanya dorongan untuk mempublikasi buku-buku melalui elektronik atau gadget.

"Memang harus ada perubahan paradigma masyarakat agar tidak usah lagi membawa buku banyak berpuluh puluh dan tebal tetapi hanya dengan satu gadget bisa menampung ribuan buku," papar Rektor kampus tertua di Kalimantan itu.

Merubah paradigma masyarakat ini menjadi tantangan terbesar. "Bagaimana mengubah paradigma itu jadi kita tidak tergantung dengan buku yang cetak tapi dengan bentuk digital e-book jadi ke depan harus seperti itu," tutupnya. (puji/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini