Membeludak! 7000 Peserta Ikuti Sepeda Nusantara 2018 di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 01 September 2018

Membeludak! 7000 Peserta Ikuti Sepeda Nusantara 2018 di Banjarmasin


Pelepasan peserta sepeda nusantara oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Peserta kegiatan Sepeda Nusantara 2018 yang diselenggarakan di Banjarmasin dinyatakan memiliki peserta terbanyak. Hal ini tak berlebihan, sebab ada sekitar 7.000 peserta yang berpartisipasi, Sabtu (1/9/2018).

Dari ribuan peserta itu, sebagiannya adalah penyandang disabilitas. Oleh karena itu, panitia penyelenggara kegiatan, yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, membagi rute sepeda nusantara menjadi tiga kategori.

Untuk kategori umum, rute yang harus ditempuh sejauh 23 kilometer, untuk pelajar sekitar lima kilometer, dan untuk penyandang disabilitas sekitar tiga kilometer.

Pelepasan peserta sepeda nusantara itu, dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Balai Kota Banjarmasin. Selain disediakan ratusan hadiah, juga digelar beberapa kegiatan lain seperti permainan tradisional Balogo, Pencak Silat, Tarian dan penyerahan secara simbolis naskah Balogo dari Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina kepada Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pelepasan balon sepeda nusantara/beritabanjarmasin.com
Menurut H Ibnu Sina, kegiatan sepeda nusantara ini selain untuk mendorong minat masyarakat dalam berolahraga, juga dalam rangka memeriahkan rangkaian Harjad ke-492 Kota Banjarmasin. “Sepeda Nusantara 2018 ini kegiatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dilaksanakan di 34 provinsi dan 137 kabupaten/kota, salah satunya di Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Banjarmasin sebagai pelaksana kegiatan tersebut untuk kedua kalinya. “Terima kasih kepada Kemenpora yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Banjarmasin untuk melaksanakan event ini kedua kalinya,” ucapnya.

Sementara itu, Tommy Kurniawan, Staf Khusus Kementerian Pemuda dan Olahraga menjelaskan, dalam kegiatan Asian Games 2018 ini, Indonesia telah mencetak sejarah dengan mengumpulkan medali terbanyak.

Untuk itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kota Banjarmasin agar terus memasyarakatkan olahraga. “Sejak dilaksanakan tahun 1951 hingga 2018 Indonesia telah mencetak sejarah dengan capaian mendali terbanyak. Mari kita terus sebarkan virus olahraga ke seluruh lapisan masayarkat, dengan olahraga kita bersatu,” katanya.

Kadispora Kota Banjarmasin Achmad Noor Djaya mengatakan, kegiatan sepeda nusantara tahun 2018 ini berbarengan dengan rangkaian kegiatan Harjad Kota Banjarmasin. Karenanya, semarak kegiatan ini sekaligus untuk memeriahkan rangkaian Harjad Kota Banjarmasin.

Dari data terhimpun, peserta sepeda nusantara 2018 ini tak hanya diikuti masyarakat dari Kota Banjarmasin saja, tetapi juga diikuti masyarkat dari kota lain yang ada di Kalsel hingga Kalteng seperti, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanjung, dan kabupaten Pulang Pisau, Kalteng. (arum/sip)

*)Liputan Khusus Pemerintah Kota Banjarmasin

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner