Dies Natalis ke-60, ULM Wacanakan Buat Buku Sejarah Hidup H Hasan Basry | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Senin, 10 September 2018

Dies Natalis ke-60, ULM Wacanakan Buat Buku Sejarah Hidup H Hasan Basry

Saat Peluncuran logo dies natalis ULM ke 60, Sutarto Hadi terlihat memakai kemeja putih, Senin (10/9/2018)/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) akan menggelar perayaan Dies Natalis ke-60, kampus tertua di Kalimantan tersebut berdiri sejak 21 September 1958 dengan mendaulat H Hasan Basry sebagai rektor pertama.

Ditemui oleh awak media, Prof Sutarto Hadi, Rektor ULM mengatakan, dalam Dies Natalis ULM nantinya acara yang diselenggarakan akan berhubungan dengan eksistensi ULM sebagai kampus lahan basah. "Kami juga akan mengundang keluarga dari ahli waris semisal ahli waris dari almarhum H Hasan Basry yang notabene adalah rektor pertama," ujarnya, Senin (10/9/2018).

Lebih jauh, menurut doktor jebolan Universitas Utrecht Belanda ini menyatakan, panitia berencana akan membuat sebuah buku mengenai sejarah kehidupan H Hasan Basry. "Buku ini kita maksudkan agar anak cucu kita tidak ahistoris," tukasnya.

Sebagai informasi, H Hasan Basry merupakan tokoh proklamator Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Selatan saat penjajahan Belanda dan pada acara reuni tanggal 3–10 Maret 1957, para pejuang kala itu membentuk Dewan Lambung Mangkurat dengan rencana kerja yang dititikberatkan kepada pembangunan daerah Kalsel. Salah satu rencananya mendirikan sebuah perguruan tinggi yang akan diberi nama Universitas Lambung Mangkurat.

Selain akan menggelar dies natalis, ULM juga berjuang untuk menggenjot akreditasi institusi agar mendapatkan A. "Mohon doanya kita lagi berjuang, 28 September ini borang akreditasi sudah masuk," urainya. (ayo/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only