Kisah Pilu Korban Selamat Kapal Terbakar KM Satya Kencana IX | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Minggu, 05 Agustus 2018

Kisah Pilu Korban Selamat Kapal Terbakar KM Satya Kencana IX

Suasana evakuasi korban kalal KM Satya Kencana IX
BANJARMASIN, BBCOM - Maimunah (40) selamat dari maut ketika KM Satya Kencana IX yang ditumpanginya mengalami kebakaran saat berada di posisi Barat Daya Tanjung Selatan dengan Radial 204,4° jarak 90 NM dari Dermaga SAR Basirih koordinat 04°43,67's-113°57,81 E pada Sabtu (4/8) pagi.

Maimunah menceritakan detik-detik mengerikan tersebut. Peristiwa itu diawali dari ledakan yang terdengar sebanyak dua kali. Penumpang kapal lainnya panik dan mulai berhamburan meloncat ke laut.

"Ledakan pertama mengeluarkan asap. Ledakan kedua mulai terbakar, semua panik," jelas Ibu beranak tiga itu kepada BeritaBanjarmasin.com di ruang tunggu Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin. Sabtu (4/8/2018) malam.

Wanita asli Bangkalan, Madura itu mengatakan situasi saat kapal terbakar membuat semua penumpang panik. Di antara penumpang ada yang terjebak di dalam kapal.

"Saat kapal mulai terbakar, semua terasa kacau. Asap dimana-mana. Bahkan tangisan dan suara takbir tidak ada henti-hentinya," ucap Maimunah dengan haru.

Menurut Maimunah, awalnya anak buah kapal memang memberikan instruksi untuk hindari kebakaran. Namun saat api semakin membesar dan situasi bertambah kritis, para anak buah kapal entah ke mana. "Selama menunggu banyak meloncat, banyak juga yang diam karena mungkin takut. Saya lompat pakai pelampung," tuturnya.

Wanita yang kesehariannya berjualan di Pasar Lama, Banjarmasin ini mengaku bersama rombongan yang berjumlah tujuh orang di kapal tersebut. Ia mengaku baru saja menghadiri pernikahan putranya yang berada di Bangkalan, Madura.

Lain Maimunah, lain pula cerita Suwarto, saat itu ia bersama teman-temannya sedang tidur di lantai dua, namun menjelang pagi ia mendengar teriakan kapal terbakar. Para penumpang terlihat berdesak-desakan. 

Pria yang berprofesi sebagai sopir truk ekspedisi itu bergegas menerobos di antara penumpang-penumpang yang panik. Mengambil pelampung, dan tanpa pikir panjang, ia melompat dari kapal. 

"Bersama dengan penumpang lainnya, saya langsung memakai jaket pelampung. Tak perlu berebut, karena jaket pelampung sudah berserakan di lantai kapal mas," ucapnya.

Maimunah dan Suwarto adalah dua korban selamat yang dievakuasi menggunakan KM Niki Sae saat kapal KM Satya Kencana IX yang ditumpanginya dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tujuan Banjarmasin terbakar di Laut Jawa, Sabtu (4/8/2018) pukul 05.30 WITA. (edoz/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini