Intrusi Air Laut, Pengerjaan Pipa PDAM Intake Sungai Tabuk Ditunda | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 24 Agustus 2018

Intrusi Air Laut, Pengerjaan Pipa PDAM Intake Sungai Tabuk Ditunda

Ilustrasi Pipa PDAM Intake Sungai Tabuk ditunda/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Pengerjaan koneksi pipa PDAM untuk Intake Sungai Tabuk harus ditunda karena intrusi air laut yang mengakibatkan masuknya kadar garam ke air baku untuk Intake Sungai Bilu, Kamis (23/8/2018).

Datangnya musim kemarau ditengarai menyebabkan terjadinya intrusi air laut. Saat ini kadar garam sudah mencapai 577 mg/l. Sedangkan untuk batas kadar garam yang disyaratkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/Menkes/PER/IV/2010 adalah 250 mg/l. 

PDAM Bandarmasih melalui Supervisor Humas M Nur Wakhid mengatakan, rencana pengerjaan koneksi pipa di Intake Sungai Tabuk harus ditunda, sebab akan berdampak kekurangan distribusi air ke pelanggan. 

Dijelaskannya, dalam rangka pencapaian pelayanan distribusi ke pelanggan, maka saat kadar garam melebihi standar Permenkes, dan mencapai kualitas yang dipersyaratkan, Instalasi Pengolahan Air (IPA) A Yani melakukan pencampuran dengan air baku dari Boster Pramuka. Sehingga penyaluran air baku terbagi dua untuk IPA 1 dan IPA 2. "Namun kita harapkan tidak mengurangi pendistribusian air ke pelanggan," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner