Ditlantas Polda Kalsel Kopdar Dengan 1.350 Bikers | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Senin, 06 Agustus 2018

Ditlantas Polda Kalsel Kopdar Dengan 1.350 Bikers

Kopi Darat (Kopdar) Bikers diselenggarakan Polda Kalsel/beritabanjarmasin.com
BANJARBARU, BBCOM - Polda Kalsel melalui Direktorat Lalu Lintas menggelar acara Kopi Darat (Kopdar) Bikers dengan 1.350 Bikers yang tergabung dalam 128 Komunitasi Motor di Bumi Sultan Suriansyah. 

Acara yang digelar di Lapangan SPN Banjarbaru, Sabtu (4/8/2018) itu untuk mengampanyekan tertib berlalulintas bagi pengendara sehingga angka kecelakaan bisa dikurangi.

Kopdar yang juga dihadiri oleh band punk nasional, Endang Soekamti itu secara garis besar membahas tentang keselamatan berlalulintas dengan mengutamakan keselamatan baik bagi diri sendiri maupun bagi pengguna jalan lainnya. "Kami menggandeng para biker untuk ikut gerakan ini,” kata Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan, yang diwakili Kasubdit Dikyasa Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi.

Nina Rahmi menambahkan, kegiatan Kopdar itu juga merupakan rintisan untuk menggelorakan keselamatan berkendaraan bersama perhimpunan klub otomotif daerah setempat sebagai ujung tombak memberikan contoh pada masyarakat dalam berkendaraan di jalan raya.

“Keselamatan dalam berkendara adalah hal yang utama. Karena itu, selain melaksankan Kopdar kita juga memberikan pembelajaran pada masyarakat," ujarnya.
Salah satu polwan mengklik helm pada rider bikers di acara kopdar/beritabanjarmasin.com

Tidak sekadar kongkow dan bersantai ria, bikers dan polisi juga menunjukkan cara berkendara yang aman, dari melengkapi diri dengan helm dan diklik, spion, serta surat-surat kelengkapan kendaraan. Saat berkendaraan juga harus mematuhi dan menghormati rambu-rambu lalu lintas dan sesama pengguna jalan, serta tertib dan tidak ugal-ugalan di jalan.

“Paling utama dalam berkendara adalah menertibkan diri sendiri mulai dari kelengkapan kendaraan dan faktor keselamatan yakni helm, spion, surat–surat kendaraan yang harus dipatuhi," imbau Nina.

Nina Rahmi juga mengatakan, secara umum, ketaatan masyarakat berlalu lintas kendaraan di Kalsel sudah relatif cukup baik dengan dibuktikan minimnya angka kecelakaan maupun pelanggaran. Meski memang masih ada satu atau dua pengendara yang belum paham terhadap peraturan berlalu lintas. Karena itu, melalui program rintisan berkendaraan tertib lalulintas ini, pihaknya berharap bisa meminimalkan kecelakaan lebih rendah lagi. "Tertib lalu lintas tidak hanya saat ini saja, Kami minta kepada para biker untuk terus memberikan contoh, minimal di lingkungannya sendiri," tandasnya.
(Tengah-kiri) Ketua KNPI banjarbaru (Tengah-kanan) Eko Agus, Ketua Komunitas Bikers Kalsel/beritabanjarmasin.com

Kopdar yang juga dihadiri Ketua KNPI Banjarbaru dan Ketua Komunitas Bikers Kalsel Eko Agus tersebut juga melaksanakan Penanaman 1.200 pohon dengan maksud menjaga kelestarian alam dan lingkungan di masa yang akan datang. (edoz/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini