Dilarang Menikah di Zulkaidah? Salah, Ini Keutamaan Bulan Zulkaidah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Sabtu, 04 Agustus 2018

Dilarang Menikah di Zulkaidah? Salah, Ini Keutamaan Bulan Zulkaidah

Ustaz Muhammad Taslimurrahman/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Banyak orang beranggapan menikah pada bulan Zulkaidah (bulan arab) ini kurang baik. Ternyata persepsi selama ini adalah salah karena bulan Zulkaidah termasuk ke dalam empat bulan mulia.


Ustaz Muhammad Taslimurrahman, mengungkapkan orang arab jahiliyah dulu menganggap bulan ini salah satu bulan berbahaya sehingga tidak mau berperang. "Bulan Zulkaidah ini salah satu diantara bulan mulia, jadi harus kita jaga kemuliaannya dengan beribadah," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Sabtu (4/8/2018).

Dalam surah At-Taubah ayat 36 disebutkan bahwa dalam 12 bulan ada 4 bulan yang mulia. Tiga diantaranya berurutan yaitu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan satu lagi bulan rajab. 

Zulkaidah sendiri terdiri dua kata. Yaitu zu dan alkaidah, dimana zu berarti orang yang memiliki harta sedangkan alkaidah berarti tidak pergi ke mana pun. 

Di bulan ini sangat baik untuk menjalankan ibadah umrah karena dulu nabi umrah 4 kali dalam bulan Zulkaidah ini. Selain itu, Ustad Taslimurrahman yang juga berprofesi seorang guru menjelaskan keutamaan bulan ini adalah melarang adanya perang atau perkelahian, dan memperbanyak ibadah sunah.

"Kerjakan ibadah wajib dan perbanyak sunnah, dan bulan ini menepis anggapan tidak boleh melakukan pernikahan pada bulan ini. Pernikahan tidak apa-apa lebih bagus karena ini salah satu bulan mulia," tandasnya. (puji/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini