Dalih Kurangi Kemacetan, Dishub Banjarmasin Tutup Jalan Putar Balik RSUD Ulin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Selasa, 10 Juli 2018

Dalih Kurangi Kemacetan, Dishub Banjarmasin Tutup Jalan Putar Balik RSUD Ulin

Kepala Dishub Banjarmasin Ichwan Noor Chalik/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM – Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin bersama Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menutup jalur putar balik (u-turn) didepan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin. Kemudian membuka median depan Duta Mall menuju Simpang Ulin Jalan A Yani Banjarmasin. 

Kepala Dishub Banjarmasin Ichwan Noor Chalik mengungkapkan, pasca pembukaan Transmart sempat terjadi kemacetan luar biasa di depan Duta MallBanjarmasin. “Jadi hal itu yang membuatnya harus melakukan tindakan, untuk mengantisipasi terulangnya kemacetan,” katanya, Senin (9/7/2018). 

Menurutnya, langkah itu diambil setelah pihaknya melakukan rapat forum LLAJ beserta Polda Kalsel, Balai Lingkungan Darat dan Balai Jalan. Dimana dalam rapat tersebut dibuat sebuah keputusan untuk melakukan rekayasa jalan. 

Rekayasa jalan, masih menurut Ichwan yang pertama kami menutup u-turn didepan RSUD Ulin. Kenapa di tutup, karena pengunjung RS Ulin seringkali bermanuver tegak lurus langsung ke arah RS dan hal tersebut dilarang karena membahayakan pengendara lain dan dirinya sendiri. 

Selain itu, u-turn tersebut kerap dipakai bagi pengendara untuk putar balik menuju Duta Mall maupun kantor PDAM Bandarmasih dan lainnya. Padahal, itu dapat menghambat arus lalu lintas. “Oleh sebab itulah pihak kami menutup u-turn tersebut,”sebutnya.

Pun demikian, pihaknya sudah menyiapkan solusi untuk mengganti u-turn yang ditutup tersebut. Skema solusi yang sudah disiapkan dalam rapat forum yaitu penyetingan lampu lalu lintas di jalan Ahmad Yani Kilometer 1. “Pertigaan lampu lalu lintas di Jalan Ahmad Yani KM 1, akan kami seting ulang. Biasanya pengendara yang ingin ke Jalan Kolonel Sugiono berputar di depan RSUD Ulin, tapi nanti disana akan kita berikan lampu rambu lalu lintas untuk ke arah Jalan kolonel Sugiono,” tuturnya.

Karena penutupan u-turn di depan RS Ulin berpengaruh terhadap jalur lain maka pihaknya juga merubah jalur keluar masuk di Pasar Sentra Antasari dan membuka median jalan depan muara Simpang Ulin atau depan Duta Mall.

“Kalau masyarakat sudah mengetahui arus jalur menuju RSUD Ulin di tutup, salah satu jalan yaitu melewati Pasar Sentra Antasari dan disitu sering sekali macet karena dekat perempatan. Maka dari itu jalur keluar masuknya kami tukarkan. Lalu median jalan depan Duta Mall dibuka, tetapi kami juga akan memasang lampu rambu lalu lintas disana,” tandas Ichwan. (arum/ayo)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini