BI Kalsel Kampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Minggu, 29 Juli 2018

BI Kalsel Kampanyekan Gerbang Pembayaran Nasional

(Kanan) Herwanto Kepala Perwakilan BI Kalsel/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Menyemarakkan jelang HUT ke-73 Republik Indonesia, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel dan perbankan melakukan kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kegiatan dilakukan melalui event pekan penukaran kartu berlogo GPN di halaman parkir BI Kantor Perwakilan Kalsel Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Minggu (29/7/2017).

Kepala Perwakilan BI Kalsel, Herawanto mengatakan, kegiatan pekan GPN merupakan tindaklanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta, 3 Mei 2018, untuk mendorong masyarakat menggunakan kartu berlogo GPN.

"Melalui pekan GPN ini, secepat mungkin akan ada proses transisi. Sehingga masyarakat bisa terbiasa dengan kartu merchant berlogo GPN itu," paparnya.

Sekaligus, lanjutnya, mendorong masyarakat bisa menggunakan akses perbankan lebih besar lagi. Dalam siaran pers yang diterima BeritaBanjarmasin.com, GPN adalah sistem yang terdiri atas standar, switching dan services yang dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran.
Foto bersama saat kegiatan Gerbang Pembayan Nasional/beritabanjarmasin.com

Dengan interkoneksi dan interoperabilitas, GPN memungkinkan transaksi elektronik dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia sehingga masyarakat dapat menikmati layanan transaksi elektronik yang aman, berkualitas, dan efisien.

“GPN diharapkan masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu untuk bertransaksi dan infrastruktur pembayaran (EDC) dapat disebar lebih merata, tidak hanya di kota besar, pada akhirnya meningkatkan efisiensi waktu dan biaya,” kata Herawanto.

Selain itu kartu berlogo GPN akan menjaga keamanan data, karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link).

“Ini merupakan kedaulatan nasional transaksi rupiah. Selain itu, nasabah pun akan diuntungkan dengan pengurangan biaya administrasi perbankan yang berlaku secara nasional,” ujarnya.

Kegiatan yang dimeriahkan dengan acara gowes dan panggung hiburan itu, turut juga dihadiri oleh HG (P) Rusdi Effendi AR, Asisten Bidang Pembangunan Kalsel, H Siswansyah, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan insan perbankan di Kalsel. (edoz/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only