Bulan Sya'ban Perbanyak Puasa Sunah, Jangan Ghibah | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Kamis, 19 April 2018

Bulan Sya'ban Perbanyak Puasa Sunah, Jangan Ghibah

Muhammad Taslimurrahman, sesaat setelah wawancara amalan di bulan Sya'ban/beritabanjarmasin.com

Banjarmasin, BBCom - Menjelang bulan suci Ramadhan yang semakin dekat, ada bulan yang juga mempunyai kemuliaan sebelum bulan Ramadhan yaitu bulan Sya'ban. 

Ya, tepat pada hari ini, Kamis (19/04) bertepatan pula dengan tanggal 1 Sya'ban.

“Sya'ban dari segi bahasa yaitu As-Syi'ab atau berkumpul. Kata berkumpul ini memiliki banyak pengertian dari para ulama seperti berkumpulnya kebaikan pada bulan ini atau pada masa penamaan untuk berkumpul mencari air. Bulan ini berada diantara dua bulan utama yaitu Rajab dan Ramadhan,” tutur Muhammad Taslimurrahman, pada Kamis, (19/04). 

Masih oleh Taslim, amalan atau ajaran yang bagus dilakukan dalam bulan Sya'ban ini antara lain puasa sunah yang dilakukan lebih banyak daripada bulan yang lain, agar tidak kaget menghadapi Ramadhan. 

"Amalan lain yaitu beristigfar kepada Allah dan manusia khususnya malam Nisfu Sya'ban. Allah melihat hambanya dan mengampuni dosa hambanya,” tambahnya yang juga alumni Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.

Taslimurrahman juga mengingatkan bahwa selain beberapa hal tersebut ada pula hal-hal spesifik lainnya yang dilarang yaitu seperti berbohong atau menyebar berita hoaks, saksi palsu, ghibah dan adu domba.

"Anggap saja ini pemanasan sebelum kita bertemu bulan Ramadhan, dan setelah selesai Ramadhan kita jadi manusia paripurna," tandas Guru MTs Arrahmatuh Abadiyyah Banjarmasin ini.

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only