Minimart Modern Menjamur di Banjarmasin, Pedagang Kecil Khawatir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 10 Maret 2016

Minimart Modern Menjamur di Banjarmasin, Pedagang Kecil Khawatir

BERITABANJARMASIN.COM - Semakin 'mengguritanya' minimart (pasar kecil modern) di Banjarmasin dikhawatirkan akan mematikan pedagang kecil di kota ini. Untuk itu, meski sudah terlanjur menjamur, minimart dibatasi barang jualannya, seperti tak boleh menjual sayuran, daging dan ikan.

Selain itu minimart yang merupakan grupb dari perusahaan nasional ini juga diwajibkan untuk menjual produk UKM lokal dalam bentuk kerjasama. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Kota Banjarmasin Ersya Zain Hafizi.

Menurut Ersya, keberadaan minimart di Banjarmasin telah dibatasi, berkaitan dengan kondisi perekonomian yang sedan menurun dan tidak stabil. "Daya beli masyarakat menurun. Rata-rata semua bidang usaha mengalami penurunan," kata Ersya kepada wartawan beritabanjarmasin.com, Kamis (10/3/2016).

Untuk minimart modern, lanjutnya, dibatasi jenis dangagannya hanya dalam bentuk kemasan dan tidak memperdagangkan sayuran, daging dan ikan. Minimart juga diwajibkan memperdagangkan hasil UKM dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Sedangkan mengenai Perda yang mengatur keberadaan minimart ini kata Ersya, bila tidak sesuai akan diusulkan ada revisi kembali.

Keberadaan minimart modern di Banjarmasin dikhawatirkan berimbas pada merosotnya penjualan pedagang kecil yang berada di pasar tradisional. Ini juga diprediksi bisa mematikan usaha para pemodal kelas bawah. [mfr/sip]

image source: urb.im

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner