100 Tahun Lagi Banjarmasin Baru Bisa Bebas Tergenang | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Selasa, 08 Maret 2016

100 Tahun Lagi Banjarmasin Baru Bisa Bebas Tergenang

BERITABANJARMASIN.COM - Tiap musim penghujan, kota Banjarmasin selalu tergenang karena buruknya drainase. Ternyata dengan anggaran yang ada, perlu waktu 100 tahun lagi kalau Banjarmasin ingin bebas genangan air dan banjir.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Sungai, Muryanta.
Musim hujan ini membuat sebagian dari wilayah Banjarmasin disebabkan drainase yang ada tidak bisa menampung air hujan yang masuk ke parit-parit.

Untuk membangun sistem drainase dan sungai Kota Banjarmasin bebas tergenang, kata dia, memerlukan anggaran Rp5,5 Triliun. Sementara anggaran yang disediakan sekarang hanya Rp10 miliar.

"Dengan anggaran yang ada memerlukan waktu hampir 100 tahun untuk mengatasinya. ini terkait pembenahan secara menyeluruh mulai dari pembuatan mesterplan, kanal-kanal, dan pemulihan sungai hingga perbaikan drainase," papar Muryanta.

Ditambahkannya, pihaknya sudah berusaha saat ini agar genangan yang ada cepat surut. Saat ini untuk penganggaran drainase dibantu pihak pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi. "Seperti di Jalan Hasan Basri dan S.Parman dibantu Pemprov. Begitu juga Jalan A.Yani pelaksanaannya di bantu oleh pemerintah pusat," tegasnya. [mfr/sip]

Ilustrasi foto: korans.com

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only