Mesin 'Penari Langit' Bisa Jadi Solusi Biarpet Listrik di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 18 Desember 2015

Mesin 'Penari Langit' Bisa Jadi Solusi Biarpet Listrik di Kalsel

Penari Langit, ini bisa menjadi ide solusi untuk krisis listrik yang kerap terjadi di Kalimantan Selatan. Penari Langit sudah dicoba di Dusun Kalihi, Sumba, NTT. Pertanyaannya, apakah pemimpin Kalsel yang baru nanti mau menerapkannya?

Penari Langit, itu sebutan untuk turbin angin yang dibuat sekumpulan anak muda yang sedang meneliti energi terbarukan (renewable energy). Sejak Januari 2012, mereka tengah fokus meneliti bahan energi alternatif di Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya.

Dusun Kalihi, Sumba, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu tempat yang merasakan sentuhan si "Penari Langit". Kini, perkampungan di sana tak lagi gelap. Rumah-rumah warga berubah terang. Sebanyak dua puluh turbin sudah beroperasi di sana sejak 2013. "Target kita pasang 100 unit. Sekarang baru 20 turbin yang terinstal," ujar Renaldi, salah satu tim LAN.

Ricky Elson, pembimbing LAN, menyebutkan, si "Penari Langit, memiliki konstruksi dan model turbin angin yang tidak simetris. Ekornya pun dinamis. Kalau terkena angin, turbin tersebut akan menyesuaikan dengan kecepatan dan datangnya angin. "Itu akan membuat putaran baling-baling lebih maksimal," ujarnya kepada initasik melalui sambungan telepon seluler.

Amalia Fajriyanti, peneliti lainnya, menambahkan, sampai saat ini LAN masih terus mengembangkan turbin angin yang lebih baik. Setiap kompenen inti terus disempurnakan agar performanya maksimal, tanpa menihilkan efisiensi.

Menurutnya, kendati si "Penari Langit" sudah dipakai di satu daerah, bukan berarti penelitian selesai. "Baling-baling, generator, ekor, dan controllernya kita teliti sampai mendapatkan desain dan hasil yang maksimal. Kita terus kembangkan agar lebih efisien," tandasnya. (ashani-usep)

source: initasik.com
image: (dok) youtube

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner