Juni 2016 Walikota Banjarmasin Baru Dilantik? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 28 Desember 2015

Juni 2016 Walikota Banjarmasin Baru Dilantik?

BERITABANJARMASIN.COM - Setelah penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota Banjarmasin terpilih oleh KPU Kota Banjarmasin, kapankah pelantikan walikota terpilih? Ada wacana pelantikan kepala daerah hasil pilkada akan digelar serentak bulan Juni 2016 nanti di seluruh Indonesia.

Belakangan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pernah melontarkan pernyataan jika pelantikan kepala daerah terpilih, rencananya bakal digelar serentak pada bulan Juni 2016.

Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Abdul Gapur mengatakan proses pelantikan ini, tidak lagi ranah KPU. Sebab, tugas KPU hanya sampai pada tahap penyampaian penetapan walikota dan wakil walikota terpilih.

Menurutnya, kepastian kapan pelantikan walikota dan wakil walikota Banjarmasin periode 2016-2021 merupakan kewenangan dari Kemendagri. Oleh karena itu, belum bisa dipastikan juga apakah Juni 2016 nanti pelantikan baru dilaksanakan. Mengingat belum ada pengumuman resmi dari Kemendagri. "Kalau melihat PKPU waktu pelantika  ada di bulan Februari. Tapi kepastiannya merupakan kewenangan Kemendagri," kata Abdul Gapur kepada beritabanjarmasincom, Senin (28/12/2015).

Sebelumnya, KPU Kota Banjarmasin sudah menyelenggarakan rapat pleno penetapan paslon terpilih pada pilkada Banjarmasin 2015. Paslon Ibnu Sina - Hermansyah dinyatakan sebagai walikota dan wakil walikota terpilih secara resmi oleh KPU. [orin/sip]

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner