Berjejal hingga Antri 2 Jam, Tak Surutkan Niat Pengunjung Lapas IIA Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Senin, 18 Juni 2018

Berjejal hingga Antri 2 Jam, Tak Surutkan Niat Pengunjung Lapas IIA Banjarmasin

Suasana kunjungan hari ketiga lebaran di Lapas IIA Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Sebanyak 4.187 pengunjung berjejal di depan pintu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banjarmasin, pada hari ketiga layanan kunjungan, Senin (18/06/2018). Ya, meski over kapasitas tidak menyurutkan niat para pengunjung untuk membesuk sanak keluarga yang mendekam di Lapas tersebut.

Layanan kunjungan dimulai pada Sabtu (16/06/2018) kemarin, sudah mulai terlihat ramai pengunjung yang rela berdesak-desakan mengantri untuk bertemu dengan keluarga yang menjalani pembinaan.

Hoyati seorang pengunjung sudah hampir dua jam berdiri mengantri agar bisa masuk kedalam menemui suaminya yang sudah 3 bulan jadi penghuni lapas. "Sudah hampir dua jam mengantri untuk bisa masuk menemui suami," ujarnya.

Sementara itu, menurut Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin Rudi CH Giil mengatakan, lebaran menjadi momen untuk memberikan kesempatan kepada narapidana bisa berkumpul dan bersilaturahmi kepada keluarga meski hanya dibuka 4 Hari pasca lebaran.

“Pengunjung datang untuk bersilaturahmi sekaligus melepaskan kerinduan,” ujar Rudi.

Masih menurutnya, para petugas pun harus bekerja ekstra dengan memberikan keamanan dan kenyamanan saat jam layanan kunjungan, mengingat jumlah kapasitas Lapas Banjarmasin hanya 366 orang, sekarang dihuni sebanyak 2.718 orang per tanggal 13 Juni kemarin sehingga mengalami over kapasitas kurang lebih 743%.

Melalui Kabag Humas Kemenkumham Kantor Wilayah Kalsel, Sugito menyampaikan, apresiasi kepada para petugas Lapas se Kalsel dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengunjung yang membesuk. "Sejatinya petugas hanya menjaga warga binaan, namun dalam rangka pembinaan, hak untuk dikunjungi merupakan bagian tugas dan fungsi lembaga ini, tentunya para pengunjung juga harus mematuhi peraturan di dalam Lapas dengan tidak membawa barang-barang yang dilarang,” terang Sugito.

Sugito menambahkan, petugas Lapas juga di minta melayani dengan ramah kepada setiap pengunjung, sehingga mereka merasa tenang bilamana ada sanak saudaranya yang dibina di Lapas. (arum/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only