okeee

okeee

» » » Banjarmasin-Batola Sepakat Pilih Cable Stayed

BANJARMASIN, BBCOM - Pemerintah Kota Banjarmasin bersama Kabupaten Barito Kuala (Batola) menyepakati untuk desain rencana pembangunan jembatan Kayu Tangi berjenis Cable Stayed.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin Gusti Ridwan Sofyani mengatakan, Kesepakatan tersebut didapat setelah ke dua belah pihak melakukan rapat bersama dengan Bappeda Pemprov Kalsel akhir Juni lalu.

"Kan ada beberala jenis kemaren yang ditawarkan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah Sebelas belum diputuskan. Dan akhirnya Banjarmasin dan Batola menyepakati jenis Cable Stayed," ucapnya di balai kota, Rabu (26/7/2017).

Ridwan menambahkan, selain jenis Cable Stayed, jembatan yang beralamat Jalan Hasan Bari itu juga akan dibangun kembar dengan menghabiskan anggaran dana dari APBN sekitar 100 miliar lebih.

"Itu nantinya dibangun dulu dibagian sebalah kanan dari arah Banjarmasin. Sehingga kita perlu melakukan pembebasan disekitaran jalan arah Alalah Utara. Baru yang sebelahnya di samakan," tuturnya.

Disinggung maslah pembebasan, Ridwan menerangkan Banjarmasin dan Batola juga sudah menypakati untuk melakukan pembebsan wilayah masing - masing yang akan dimulai 2018. Sedangkan untuk dana pembebasan Untuk Banjarmasin sendiri Pemkot memerlukan dana sekitar 20 miliar.

"Kalau untuk Rumah Sakit Ansari Saleh itu wewenang Provinsi. Karena RS itu milik Provinsi," jelasnya.

Lebih lanjut Ridwan mengungkapkan, jika pembangun jembatan Kayu Tangi memang sangat diperlukan. Mengingat usia jembatan itu sudah lebih dari 20 tahun. Ditambah seringnya permasalahan mobil besar seperti tlailer yang tersangkut disana akibat bagian jembatan terlalu patah yang tak jarang mengakibatkan kemacetan.

"Ya memang sudah saatnya jembatan itu diperbaiki. Dan ini memang keingin dari Pemrintah Pusat. Kita hanya menyediakan lahanya saja," kata Ridwan.

Untuk diketahui, jenis jembatan Cable Stayed merupukan banguan yang memiliki artistik menarik. Dimana bangunan jembatan memiliki satu tiang yang menjorok ke atas sabagai tiang penyangga tali jembatan. Seperti jembatan Pasupati Bandung. [sbr]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini