okeee

okeee

» » » Wah! Sapi di Banjarmasin Ini Bisa Mabuk

BANJARMASIN, BBCOM - Pernah mengalami mabuk laut? Bagi yang pernah, tentu merupakan pengalaman yang tidak enak. Sampai-sampai akibat rasa itu makanan lezat di hadapan pun jadi tak selera lagi menyantapnya.


Ternyata itu juga bisa terjadi pada hewan. Seperti yang dialami sapi yang berada di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih Jalan Tembus Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Sapi itu terpaksa dipisah dari kawanannya untuk bisa beristirahat akibat mengalami mabuk laut setelah berhari-hari terombang ambing di tengah laut saat menuju Banjarmasin dari Kepulauan Madura.

"Kalau yang satu itu tidak apa-apa. Hanya kelelahan karena mabuk laut, jadi untuk sementara biar dipisah dengan yang lain supaya bisa beristirahat," ucap Drh Annang Dwi Jatmiko dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, usai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak di RPH Basirih, Kamis (1/5/2017).

Ia mengungkapkan, Rabu (31/5/2017) malam sebanyak 300 sapi baru tiba di Banjarmasin dan langsung ditampung di RPH Basirih. Sapi-sapi tersebut sengaja disiapkan untuk memenuhi permintaan daging satu minggu ke depan.

"Jadi untuk minggu kedua Ramadan ini stok daging di pasaran akan aman. Setiap hari sekitar dua puluh sampai dua puluh lima sapi yang dipotong dan dagingnya disebarkan di Banjarmasin," jelasnya.

Ia menambahkan, setiap minggunya rata-rata pengiriman sapi dari daerah luar sebanyak 300 ekor. Hanya saja peningkatan biasanya terjadi saat menjelang Idul Fitri, meningkat hingga 300 persen dari pengiriman biasanya.

"Akan meningkat tiga kali lipat saat jelang lebaran dan itu nantinya akan kami antisipasi," katanya.

Sementara itu, seorang penjual daging di Pasar Antasari, Suratmi mengatakan, jika hingga saat ini harga daging tidak mengalami kenaikan yang berarti. Untuk satu kilonya berkisar Rp125 ribu. "Untuk stok daging masih ada, insya Allah harga normal saja," ujarnya. [sbr/sip]

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini