okeee

okeee

» » » Inilah Jenis-Jenis Jukung Banjar

Warga Banjarmasin dan Kalimantan Selatan sudah sangat familiar dengan perahu kayuh yang biasa disebut jukung dalam bahasa suku Banjar. Namun tahukah anda, ternyata jukung sendiri terbagi dalam beberapa jenis susuai dengan kegunaannya.

Jukung tradisional masyarakat Banjar dalam bentuk dan proses cara pembuatannya dikenal adanya tiga jenis, yaitu:
1. Jukung Sudur
2. Jukung Patai
3. Jukung Batambit

foto: aingkumaha.blogspot.co.id
Sudah sejak lama jukung Banjar beroprasi di perairan sungai-sungai Kalimantan Selatan dalam pelbagai fugsinya dari masa ke masa. Jukung sebagai sarana transportasi untuk digunakan masyarakat berdagang, mencarinikan, menambang pasir dan batu, mengangkut hasil pertanian, angkutan jasa, dan lain sebagainya. Bahkan sekaligus sebagai tempat tinggal pemiliknya. Berbagai fungsi jukung itu dapat disebutkan sebagai berikut:

1. Jukung Pahumaan
2. Jukung Paiwakan
3. Jukung Paramuan
4. Jukung Palambakan
5. Jukung Pambarasan
6. Jukung Gumbili
7. Jukung Pamasiran
8. Jukung Beca Banyu
9. Jukung Palanjaan
10. Jukung Rombong
11. Perahu Tambangan
12. Jukung Undaan
13. Jukung Tiung

Dari berbagai jenis jukung banjar menurut fungsinya sebagaimana di sebutkan,  sarana ini beroprasi di beberapa alur sungai-sungai Barito, Martapura, Riam, Nagara, Amandit atau Tabalong dari masa ke masa. Sebagian di antaranya sudah tidak berfungsi lagi. Antara lain karena terdesak oleh adanya kapal-kapal besar dan kecil yang beroprasi di sungai, adanya speed boat, serta di bangunnya prasarana jalan dan jembatan.

Sampai kapan dan sejauh mana jukung-jukung Banjar itu dapat bertahan dalam eksistensinya, agak sukar untuk diramalkan dengan pasti. Namun, jukung Banjar tersebut telah memperkaya prasarana Kalimantan Selatan dalam arti riset budaya daerah Banjar.

Source: arjunandini.wordpress.com

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini