okeee

okeee

» » Kain Sasirangan 3.768 Meter Pernah Masuk Rekor MURI

Sekitar tahun 2008 kain sasirangan pernah masuk rekor MURI.
Memperingati HUT ke-58 Kabupaten banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dibuat kain Sasirangan sepanjang 3.768 m.

Kabupaten Banjar merupakan salah satu daerah yang banyak memproduksi kain sasirangan melalui industri rumah tangga. Selain di Desa Pekauman, industri sasirangan juga dapat ditemui di berbagai daerah lain seperti di daerah Manarap, Kecamatan Kertak Hanyar.

Pemda setempat saat itu bersama masyarakat pengrajin  melakukan program perlindungan sasirangan sebagai warisan budaya Banjar secara turun temurun. Bentuk perlindungan yang dimaksud adalah dengan menerapkan aturan pemakaian baju sasirangan setiap minggu sekali di lingkungan PNS Kabupaten Banjar.

Selain itu, melakukan promosi gencar tentang kain sasirangan sebagai kain khas dari Kalimantan Selatan, yang banyak diproduksi di daerah Kabupaten Banjar. Kabupaten Banjar juga pernah tercatat dalam rekor MURI (museum rekor Indonesia) sebagai pemilik rekor kain sasirangan terpanjang di Indonesia.

Keberhasilan memecahkan rekor MURI ini merupakan salah satu indikator keberhasilan Kabupaten Banjar dalam mempromosikan kain sasirangan sekaligus menegaskan sebagai daerah sentra kerajinan kain sasirangan.

Penghargaan upakarti dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Perindustrian RI. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada orang yang dinilai memiliki andil dalam memajukan industri di daerah-daerah seluruh Indonesia.

Tiga kategori Upakarti yang diserahkan oleh menteri perindustrian yaitu upakarti bidang kepeloporan, upakarti bidang kepedulian dan yang ketiga adalah upakarti bidang pengabdian.

source: infopublik.id
image: budaya-indonesia.org

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini