okeee

okeee

» » Acil Santan Harumkan Nama Kalsel di Nasional

BERITABANJARMASIN.COM - Saat ini, Indonesia memerlukan pemuda-pemuda yang peduli dan mau berkontribusi untuk bangsanya. Nah para pemuda asal Kalsel ini patut dicontoh. Mereka membawa harum nama Kalsel di kancah nasional lewat program ACIL SANTAN. Nah apa itu ACIL SANTAN?

Para pemuda yang merupakan mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) ini memenangkan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke 28 di Universitas Halu Oleo Kendari Oktober 2015 ini. Mereka meraih medali emas pada perhelatan bergengsi antar Universitas se Indonesia tersebut. Mengalahkan Universitas ternama di Indonesia.

FOTO: Facebook Erni Arniati
Mereka mengangkat program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat (PKM-M) ACIL SANTAN. Dari namanya saja memang unik yaitu ACIL SANTAN. ACIL SANTAN itu adalah singkatan dari Duta Cilik Sayang Bekantan. Nah kegiatan ini bertujuan menanamkan sejak dini rasa kepedulian anak-anak terhadap bekantan sebagai satwa primata endemik Kalimantan Selatan.
FOTO: Facebook Duta Cilik Sayang Bekantan

Program ini juga mengupayakan adanya metode pendidikan peduli terhadap bekantan yang saat ini tergolong langka. Padahal Bekantan adalah ikon dari Kalimantan Selatan. 

Lewat program ini mereka mencoba menerapkannya di TK Cheerful Banjarbaru. Para anak didik di TK itu diberikan pemahaman mengenai kepedulian terhadap Bekantan dengan metode yang menyenangkan.
Para mahasiswa dari Unlam yang mengharumkan nama Kalsel ini tergabung dalam satu kelompok, salah satunya adalah Erni Arniati dan Abdul Roup.

Di tengah perilaku kebanyakan anak muda yang cenderung suka hura-hura, para pemuda ini memberikan teladan yang patut dicontoh. Sebab mereka berusaha berkontribusi untuk menyelamatkan bekantan dari kepunahan. Salah satunya adalah membentuk mindset generasi cilik Kalsel agar peduli terhadap kelestarian Bekantan.

PIMNAS sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh Dikti, dimana dalam ajang ini akan bertanding bermacam mahasiswa, dari bermacam jurusan, dan bermacam penjuru Indonesia. Jadi bisa dibilang ini adalah ajang paling bergengsinya para mahasiswa. Di ajang ini Mahasiswa bisa bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia.

About BERITA BANJARMASIN

Situs berita www.beritabanjarmasin.com adalah situs informasi dan hiburan bagi warga Banjarmasin dan sekitarnya. Berusaha menyajikan berita positif dan inspiratif.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
close
Banner iklan disini