Survei Elektabilitas, Muhidin Tertinggi, Ibnu Sina Runner Up Bacalon Gubernur Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 30 Maret 2024

Survei Elektabilitas, Muhidin Tertinggi, Ibnu Sina Runner Up Bacalon Gubernur Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Lembaga Studi Politik dan Pemerintahan (LSPP) merilis hasil survei elektabilitas bacalon kepala daerah tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten/kota pada Jumat (29/3/2024) malam.

Di tingkat provinsi Kalsel, Muhidin memiliki dukungan yang signifikan berdasarkan hasil survei tersebut, diikuti oleh Ibnu Sina sebagai runner up (posisi 2) dan disusul Hasnuryadi Sulaiman.

"Muhidin meraih elektabilitas tertinggi harapan calon Gubernur Kalsel dengan persentase (24,07 %), disusul Ibnu Sina (15,90%) dan Hasnuryadi Sulaiman di angka (11,57%)," ujar Direktur Riset LSPP, Safa Muzdalifah.

Sedangkan untuk calon Wali Kota Banjarmasin Mukhyar meraih persentase tertinggi (35.85%) disusul politisi PDIP Rosehan NB dengan angka (19,81%) dan Hasnuryadi Sulaiman di angka (9,43%).

Menurut Safa jumlah sampel yang diambil oleh LSPP sebanyak 1.074 responden 
yang tersebar di 13 kab/kota se- Kalsel dan dilakukan dari tanggal 26 Februari hingga 3 Maret 2024.

Lanjutnya pihaknya akan melakukan survei kembali setelah pendaftaran bacagub resmi dibuka. 

Apalagi masih ada nama tokoh yang belum sempat masuk bursa survei dari LSPP, yang mana ini akan membantu memperoleh gambaran yang lengkap tentang preferensi pemilih.

Ia juga menegaskan survei yang dilakukan hanya sebagai referensi politik bagi masyarakat pemilih bukan sebagai penentu dan diharapkan menjadi kontribusi dalam pesta demokrasi 2024 di Banua. 

Diketahui LSPP sebagai lembaga survei bersifat independen yang didalamnya diisi sejumlah akademisi dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM). (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner