Pelopor Perda Toleransi, Ibnu Sina Bawa Banjarmasin Terima Penghargaan Kota Toleran | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 31 Januari 2024

Pelopor Perda Toleransi, Ibnu Sina Bawa Banjarmasin Terima Penghargaan Kota Toleran

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mewakili Banjarmasin menerima penghargaan Kota Toleran dari Setara Institute Jakarta.

Ia sekaligus menghadiri langsung peluncuran Indeks Kota Toleran (IKT) 2023, di Candi Singasari Ballroom, Hotel Sahid Jaya Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Ibnu Sina mengatakan terpilihnya Banjarmasin sebagai salah satu kota penerima penghargaan Kota Toleran tersebut merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

"Alhamdulillah atas dukungan Forkopimda Kota Banjarmasin, FKUB dan warga kota walau tidak sepuluh besar,  tetapi kita mendapat penghargaan kategori khusus kebijakan Toleransi Terbaik," katanya.

Kota Banjarmasin jadi yang pertama di Indonesia yang memiliki Perda No 4 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat. 

Menurut Ibnu Sina ini bermula dari amanat deklarasi pada Festival HAM di 2020 yang diadakan di Banjarmasin. Sehingga 24 Maret 2023 Perda ini disahkan bersama DPRD Kota Banjarmasin. 

Perda ini menjadi pedoman dan strategi Pemkot Banjarmasin dalam menjaga dan mengembangkan kesadaran bertoleransi antar agama, suku bangsa dan budaya. 

Bagaimana penanganan preventif, penanganan pada saat terjadi konflik, dan pasca konflik. Asas kemanusiaan, asas non diskriminatif, asas kekeluargaan dan asas kearifan lokal masyarakat Banjar (adat badamai dlm masyarakat Banjar sesuai UU Sultan Adam Al Wasiqbillah). 

Kota Banjarmasin juga dinobatkan sebagai Kota HAM Dunia yang berpusat di Gwengjou Korsel di 2022 yang lalu.

Di peringkat ke 1 masih bertahan Kota Singkawang dan seterusnya Kota Bekasi, Salatiga, Manado, Semarang, Magelang, Kediri, Sukabumi, Kupang, Surakarta. 

Untuk itu dalam rangka pemberian award Setara Institute mengundang langsung 10 kota dengan skor toleransi tertinggi berdasarkan studi IKT 2023, kota dengan penghargaan khusus dan 1 kabupaten sebagai inisiator pengukuran toleransi tingkat kabupaten/kota melalui studi IKT, yang akan menerima penghargaan tersebut. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner