Darurat Narkoba, BNNP Kalsel Harapkan Balai Rehabilitasi Segera Dibangun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 27 Desember 2023

Darurat Narkoba, BNNP Kalsel Harapkan Balai Rehabilitasi Segera Dibangun

BERITABANJARMASIN.COM - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalsel, Wisnu Andayana menyebut Kalsel mengalami darurat narkoba sehingga perlu didukung dengan pembangunan Balai Rehabilitasi.

Saat ini kata Wisnu karena belum adanya Balai Rahab, pengguna narkoba yang ada harus mengikuti rehabilitasi di provinsi lain yang sudah terlebih dulu ada seperti di Kaltim. "Kalsel darurat narkoba, pengguna setiap tahunnya meningkat karena permintaan obat terlarang itu juga tinggi," ujarnya, Rabu (27/12/2023).

Untuk mengatasi obat-obatan terlarang ini kata Wisnu, maka Kalsel perlu membuka layanan rehabilitasi. Meskipun narkoba masih tidak bisa sepenuhnya dituntaskan, paling tidak mengurangi dengan segera menghentikan pemakaian kepada penggunanya.

Menurutnya, jalur laut menjadi alternatif yang paling banyak dijadikan tempat penyelundupan narkoba. Oleh karena itu, ia meminta pihak terkait memperketat pengawasan khususnya terhadap kapal-kapal yang sandar.

Wisnu juga menyebut saat ini Kalsel sudah menjadi jalur wisata narkoba bukan lagi hanya sekadar tempat mampir. Hal ini kata dia dibuktikan dengan meningkatnya pengguna setiap tahunnya.

"Berdasarkan data ada 389 pengguna narkoba di BNNP Kalsel dan 25 oranya sudah dikirim ke luar provinsi untuk menjalani rehabilitasi," ucapnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta dukungan kepada stakeholder terkait seperti Pemprov dan DPRD Kalsel untuk secepatnya dapat merealisasikan pembangunan Balai Rehabilitasi narkoba agar para pengguna bisa direhabilitasi di tempat sendiri. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner