Wawali Kota Banjarmasin Buka Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 08 November 2023

Wawali Kota Banjarmasin Buka Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah

BERITABANJARMASIN.COM - Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor membuka sosialisasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), Rabu (8/11/2023).

Sosialisasi tersebut sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 47 tahun 2021 tentang tata cara pelaksanaan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporan barang milik daerah.

Arifin mengatakan dengan sosialisasi tersebut bisa membantu SKPD dalam penyusunan dan pelaporan data aset milik pemerintah dengan baik.

"Ini menjadi pengetahuan bagi SKPD dalam pengelolaan data aset," ujarnya, usai membuka acara.

Apalagi dalam segi pengelolaan data ujar Arifin harus lebih teliti dan tersusun agar pelaporan aset lebih mudah dan baik.

Sementara Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKPAD Kota Banjarmasin, Pahriadi menerangkan bahwa pihaknya migrasi data ke aplikasi E - BMD ditarget rampung 2024.

Hal itu sesuai arahan Kementerian, sehingga data pelaporan aset bisa lebih tersusun dan dipermudah. "Untuk itu kami sosialisasikan hari ini, agar SKPD bisa mengetahui teknisnya," ucap ia.

Tercatat ribuan aset milik pemkot yang akan dimigrasi, misalnya 3000 lebih aset berupa jalan, 4000 lebih lahan puskesmas maupun sekolah, serta seribu lebih untuk bangunan.

Dari data tersebut, tentunya tidak bisa langsung serta merta bisa dimigrasi ke aplikasi E-BMD. Untuk itu dalam sosialisasi tersebut melibatkan langsung dari Kementerian dalam memberi pemahaman. "Mudah - mudahan sesuai harapan," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menyerahkan langsung penghargaan bagi SKPD terbaik dalam pengelolaan maupun pelaporan data aset. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner