Puluhan Stand Ramaikan Pekan Raya Ekspo Banjarmasin 2023 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 23 September 2023

Puluhan Stand Ramaikan Pekan Raya Ekspo Banjarmasin 2023

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin buka langsung Pekan Raya Ekspo 2023 di kawasan Siring Menara Pandang resmi dibuka, Jumat (22/9/2023).

Puluhan stand baik dari binaan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin maupun Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) ikut meramaikan merupakan rangkaian hari jadi ke-497 Banjarmasin.

"Bukan hanya para UMKM tapi juga Dekranasda se-Kalsel yang telah membawa produknya masing-masing," ucap Ibnu usai meninjau stand di Pekan Raya.

Tentunya melalui acara itu, juga memberikan peluang dan kesempatan para UMKM untuk menarik investor dari kota maupun luar kota Banjarmasin yang kebetulan datang.

Secara tidak langsung lanjutnya, membuat para UMKM untuk terus tumbuh berkembang dengan tetap menjaga kualitas produk.

Dapat dilihat saat ini kualitas produk lokal khususnya sudah sangat baik. Mulai kemasan, higenis dan termasuk kreativitas produk yang dibuat.

"Saya kira itu upaya kita untuk terus bertumbuh dan berkembang," ujarnya.

Mengingat Pekan Raya tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena disandingkan dengan perhelatan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF). Maka untuk target perputaran transaksi kali ini tidak bisa disamakan.

"Dulu hampir Rp1 miliar, tahun ini tidak tahu ya paling tidak di atas Rp500 juta," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor menuturkan memang saat ini tantangan para UMKM adalah cara pemasarannya.

Terlebih kualitas produk para UMKM sendiri bahkan dari binaan Pemko Banjarmasin sudah sangat bagus. "Jadi bagaimana siap bersaing. Namun tetap memikirkan untuk pemasarannya," ujar Arifin.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Isha Ansari mengungkapkan Pekan Raya Banjarmasin kali ini lebih banyak diikuti UMKM dibandingkan tahun lalu.

"Dari binaan kita dari kawal incubator banyak menghasilkan UMKM yang ikut meramaikan pergelaran tahun ini," kata Isa.

Bahkan pada pergelaran kali ini, turut melibatkan UMKM dari kelompok penyandang disabilitas yang ada di Kota Banjarmasin.

"Jadi tahun ini spesial kita ikut libatkan karena salah satu stand kita siapkan untuk penyandang disabilitas agar bisa lebih berkarya dan berkembang," tutupnya. (arum/sip/adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner