Komisi II DPRD Kalsel Pelajari Budi Daya Udang Galah Varietas SiJawa di DIY | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 21 Agustus 2023

Komisi II DPRD Kalsel Pelajari Budi Daya Udang Galah Varietas SiJawa di DIY

BERITABANJARMASIN.COM - DIY – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya maksimalkan peluang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Tidak luput, salah satunya melalui budi daya Udang Galah.

Untuk itu, rombongan Komisi Wakil Rakyat “Rumah Banjar” yang membidangi ekonomi dan keuangan tersebut bertandang ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (18/8) pagi.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Imam Suprastowo, selaku pimpinan rombongan mengaku dirinya tertarik dengan budi daya Udang Galah SiJawa (Produksi Jogja Istimewa) yang dikembangkan di Kota Pelajar ini.

“Jadi kita berdiskusi mulai dari bagaimana teknik pembenihan di DIY yang mana meliputi kegiatan pemeliharaan dan seleksi induk, persiapan wadah, pemijahan, penetasan telur, pemeliharaan larva hingga penyediaan pakan,” ujar Imam Suprastowo.

Sebelumnya, Sekretaris DKP Provinsi DIY, Fitrianto Noorcahyo, yang secara langsung menerima rombongan Komisi II mengatakan bahwa Udang Galah SiJawa adalah varietas udang galah khas DIY yang merupakan domestikasi udang galah asal DAS Bengawan Solo dilakukan melalui pengadaan sejak tahun 2013.

“Udang Galah SiJawa ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya varietas udang ini tahan terhadap perubahan lingkungan yang ekstrem. Sehingga pembudidayaannya cukup luas. Tahan di berbagai ketinggian, dan relatif tahan terhadap serangan bakteri Vibrio Harveyi” ujar Fitrianti Noorcahyo

Anggota DPRD Provinsi Kalsel, Fahrani, S.Pd.I., M.Si., selaku praktisi pembudi daya berbagai jenis ikan mengaku sangat tertarik dengan varietas ini. Ia berharap DKP Provinsi Kalsel dan DKP Provinsi DIY menjalin sebuah kolaborasi mengingat menurut Fahrani Kalsel sebagai penyangga IKN dapat memenuhi kebutuhan permintaan Udang Galah.

Sekretaris DKP Provinsi Kalsel Nadiyah, menyambut baik segala masukan-masukan yang ada. Menurutnya, hal ini merupakan wujud kepedulian para Wakil Rakyat “Rumah Banjar” terhadap keberlangsungan budi daya Udang Galah ke depan.

“Ke depan kita akan menjalin komunikasi dan berkoordinasi untuk menindaklanjuti hal ini. Terima kasih kepada Komisi II yang sudah memberikan dukungan dan Energi agar kita semakin kuat dan solid untuk mewujudkan cita-cita bersama,” pungkas Nadiyah. (*/adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner